Lilin Aromaterapi Ternyata Bisa Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Gaya hidup masyarakat modern kerap kali membuat banyak orang yang mengalami stress dan depresi. Untuk mengimbangi rasa stress dan depresi ini, banyak orang yang memakai beberapa metode yang diyakini mampu memberikan rasa tenang layaknya dengan memakai yoga, meditasi, hingga aromaterapi. Jika yoga dan meditasi bisa dilakukan tanpa membutuhkan beberapa peralatan, maka aromaterapi tentu membutuhkan beberapa alat layaknya lilin atau wewangian. Meskipun bisa memberikan rasa tenang dan meredakan stress, beberapa pakar kesehatan justru melaporkan jika lilin atau wewangian aromaterapi ternyata juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-lavender

Sebuah penelitian dilakukan oleh Alastair Lewis, seorang professor University of York, pada beberapa rumah yang sering dipakai untuk aromaterapi. Dalam penelitian ini, beberapa peralatan aromaterapi layaknya lilin, dupa, pengharum ruangan, hingga semprotan aerosol diperiksa dan mencoba untuk memeriksa berbagai kandungan organik pada ruangan. Dalam penelitian ini, beberapa faktor layaknya kadar bahan kimia hingga zat yang berkonstrasi di udara diteliti untuk mengetahui apakah ada dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia atau tidak.

Hasil dari penelitian ini ternyata sangatlah mengejutkan dimana bahan-bahan kimia yang ditemukan pada udara di dalam ruangan yang kerap dipakai untuk aromaterapi ternyata berupa formaldehida. Formaldehida sendiri adalah salah satu senyawa yang diyakini menjadi penyebab kanker mengingat kemampuannya dalam mengubah struktur DNA yang membuat munculnya banyak sel kanker. Adanya temuan ini membuat Lewis berpendapat bahwa berbagai aromaterapi layaknya lilin dan beberapa bahan lainnya akan membuat resiko terkena tumor dan masalah kesehatan pada paru-paru dan saluran pernafasan layaknya asma. Kandungan formaldehida sendiri bisa meningkatkan resiko terkena kanker pada hidung dan tenggorokan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:  Remaja Galau dan Labil Akibat Perubahan di Otaknya

Jika kita terbiasa memakai lilin aromaterapi untuk membuat pikiran kita menjadi lebih tenang, ada baiknya kita mempertimbangkan hal ini kembali mengingat adanya resiko kita menghirup kandungan kimia formaldehida yang bisa memicu penyakit kanker. Menghilangkan stress bisa dilakukan dengan beberapa cara lain layaknya berolahraga atau setidaknya bepergian ke luar rumah sehingga pikiran menjadi jauh lebih segar tanpa adanya resiko besar bagi kesehatan tubuh kita.