Nutrisi Pada Lidah Buaya yang Baik untuk Kulit

nutrisi-pada-lidah-buaya-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Sudheesh S

DokterSehat.Com– Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang sering dikaitkan dengan perawatan kulit dan penyembuhan. Tanaman ini sudah digunakan lebih dari 5 ribu tahun sejak masa Mesir Kuno. Manfaatnya untuk kulit memang tidak perlu diragukan lagi, hal ini tidak lain karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sebagai berikut ini:

1. Asam Amino

Tubuh membutuhkan beragam variasi kompleks asam amino untuk memperbaharui sel tubuh, tapi tidak bisa memproduksi asam amino itu sendiri. Tanaman ini memiliki setidaknya tujuh dari delapan asam amino kunci yang dibutuhkan tubuh, serta 20 dari 22 asam amino yang dibutuhkan tubuh. Lidah buaya juga kaya asam amino esensial lain yang akan menjaga tubuh tetap sehat.

2. Vitamin

Vitamin pada lidah buaya sebenarnya bukan kunci penting yang membuatnya memiliki manfaat penyembuhan, namun, tanaman ini memiliki vitamin lain yang membuat agen penyembuh dapat bekerja dengan lebih cepat yaitu B1, B2, B6 dan B12. Vitamin C yang ditemukan pada lidah buaya juga memperkuat sistem imun dan membantu mencegah penuaan dini.

Vitamin E di dalamnya membantu mengurangi dampak berbahaya radikan bebas sambil melindungi sel-sel tubuh dari penuaan dini. Selain itu, tidak seperti vitamin lainnya, kulit lebih mendapatkan manfaat dari vitamin yang digunakan secara topikal daripada melalui suplemen.

3. Mineral

Lidah buaya juga memiliki mineral penting dan mikronutrisi yang membantu tubuh tetap sehat. Beberapa mineral yang ditemukan pada lidah buaya antara lain magnesium, yang juga disebut sebagai materi anti-stree. Anda juga akan menemukan mangan yang berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, sedangkan selenium bekerja untuk menghancurkan radikal bebas.

Nah, dengan segala nutrisi yang dimiliki lidah buaya, jangan ragu lagi untuk memanfaatkannya sebagai rutinitas perawatan kulit Anda.