Lidah Buaya Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Lidah buaya kerap kali dianggap sebagai tanaman hias yang cantik untuk ditempatkan dalam pot dan memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Lidah buaya sendiri ternyata termasuk dalam tanaman yang kaya akan vitamin, asam amino, antioksidan, dan juga mineral yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-lidah-buaya

Menurunkan kadar kolesterol
Pakar kesehatan menyebutkan jika lidah buaya ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan signifikan. Andai kita rutin mengkonsumsi makanan olahan dari lidah buaya ini, maka kita akan lebih baik dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lidah buaya juga bisa membuat kita lebih baik dalam mengendalikan kadar gula darah.

Membuat sistem pencernaan lebih sehat
Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada lidah buaya ternyata bisa membuat sistem pencernaan kita lebih sehat. Bahkan, dengan mengkonsumsi olahan lidah buaya, kita bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan layaknya sembelit, kembung, mual-mual, dan juga nyeri perut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Lidah buaya ternyata mengandung nutrisi yang disebut sebagai polisakarida. Nutrisi ini diyakini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, polisakarida ternyata akan membuat kita lebih baik dalam menurunkan resiko peradangan. Sifatnya yang anti bakteri dan kemampuannya dalam membantu tubuh lebih baik dalam membuang racun tentu akan membuat tubuh kita lebih sehat dan mencegah berbagai macam penyakit.

Mengatasi luka bakar
Salah satu sifat unik dari tanaman lidah buaya adalah kemampuannya dalam mendinginkan. Andai kita terkena luka bakar, memar, hingga radang kulit, kita bisa mengatasinya hanya dengan lidah buaya ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan asam hyaluronic di dalam lidah buaya mampu membantu kulit untuk membangun sel baru saat kulit sedang terluka.