Lidah Buaya Pembasmi Jerawat

DokterSehat.Com – Manfaat lidah buaya memang sudah terkenal sejak jaman dahulu sebagai penyembuh luka, juga sebagai penyubur rambut. Untuk kesehatan kulit, ternyata tanaman lidah buaya ini berguna untuk menyembuhkan jerawat.

doktersehat-lidah-buaya

Tanaman lidah buaya atau yang dikenal juga dengan aloe vera. Tanaman dari jenis ini mengandung kurang lebih 72 zat yang diperlukan tubuh, seperti air, vitamin, mineral, enzim, asam amino, karbohidrat, lemak, dan masih banyak lagi. Sedangkan zat yang berhubungan dengan penyembuhan jerawat diantaranya adalah berperan sebagai antibiotik, antiseptik, anti peradangan, dan antioksidan.

Lidah buaya mempunyai sifat astringen dan antiakteri. Sifat astringen lidah buaya yaitu menghilangkan lemak (komedo) yang menumpuk dan mencegah terjadinya peradangan. Sedangkan untuk sifat antibakterinya berfungsi membunuh bakteri Propionibacterium acnes, penyebab jerawat. Antioksidan alami yang terkandung dalam tanaman ini dibentuk dari Vitamin C, Vitamin E, dan zinc yang juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain itu, tanaman lidah buaya memiliki kelebihan lain yaitu mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Di dalam lendir tanaman ini mengandung zat lignin yang bisa masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Sehingga kulit anda tidak cepat kering dan terlihat lebih muda.

Demikianlah manfaat lidah buaya bagi kulit sebagai pencegah dan pengobatan jerawat. Anda dapat menggunakan masker lidah gel buaya secara teratur. Namun bila selama perawatan jerawat anda masih belum sembuh, anda jangan kaget, lanjutkan saja terapinya karena jerawat akan hilang secara bertahap.

Sumber :
– Journal of Traditional and Complementary Medicine
– Home Remedies for Life Web