Lidah Buaya Atasi Demensia

DokterSehat.com – Lidah buaya selalu identik dengan urusan kesehatan rambut. Sekarang, suplemen yang mengandung konsetrat lidah buaya sudah terbukti dapat mengatasi demensia dan menghindari penyakit alzheimer.



Selain bermanfaat untuk meredakan nyeri kulit akibat terbakar atau iritasi, konsentrat lidah buaya diduga mampu mencegah kerusakan otak yang berhubungan dengan demensia. Seperti yang dilansir dalam Journal of Alzheimer, diketahui bahwa suplemen yang mengandung lidah buaya mampu meningkatkan fungsi kognitif pada 46 persen pasien Alzheimer. Selain itu, suplemen ini juga hampir tidak memiliki efek samping.

Profesor John E. Lewis dari University of Miami Miller School of Medicine, pemimpin penelitian ini menjelaskan bahwa keluarga pasien banyak yang tidak percaya dengan perkembangan pesat penderita. Selama bertahun-tahun penderita bertingkah seperti anak-anak dan sekarang sudah bisa mengingat anggota keluarganya. Bahkan bisa berbincang serius dengan keluarga.

Hasil penelitian ini menemukan adanya peningkatan sebesar 377 persen dalam produksi sel induk. Selain itu, peneliti juga percaya bahwa neuron diciptakan sebagai hasil dari suplemen. Suplemen ini dipercaya dapat melindungi orang yang memiliki aktivitas intensitas tinggi, padahal orang-orang ini berisiko mengalami cedera yang sangat akut atau peradangan.

Dalam hal ini peradangan bisa berhubungan dengan dengan berbagai penyakit kronis. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa produk suplemen yang mengandung lidah buaya dapat menurunkan peradangan itu.

Sementara sebuah penelitian lainnya mengatakan, peradangan akibat cedera otak dapat menyebabkan kondisi yang melemahkan, seperti depresi, sakit kepala kronis, dan demensia.