Liburan Itu Menyehatkan

DokterSehat.Com– Rutinitas pekerjaan bisa menimbulkan stres yang dapat berdampak pada kondisi kesehatan Anda. Untuk menghindarinya, cobalah meluangkan waktu untuk berlibur. Baik bepergian atau bersantai di rumah saja bisa mengurangi stres, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, dan tekanan darah.

doktersehat-ramping-seksi-wanita-liburan

Sebuah studi di Bethesda, Maryland menemukan bahwa risiko terkena penyakit jantung pada wanita yang berlibur ke luar kota (setidaknya dua kali tau lebih dalam setahun) lebih kecil ketimbang wanita yang tidak pernah bepergian.

Berkaitan dengan ini, studi lain juga menyatakan wanita yang kerap meluangkan waktu berlibur memiliki lingkar pinggang lebih kecil dan berat badan yang rendah serta kualitas tidurnya lebih baik.

Penelitian pada tahun 2005 juga membuktikan lamanya waktu berlibur tidak menentukan kebahagiaan seseorang. Liburan pendek tapi berulang-ulang lebih efektif mengurangi stres ketimbang sekali liburan panjang tapi jarang dilakukan.

Jangan gunakan waktu liburan untuk bermalas-malasan di tempat tidur karena bisa membuat tubuh lemas dan tidak berenergi melakukan aktivitas lain.

Bangunlah sebelum matahari tinggi karena bagun di pagi hari bisa membuat pikiran lebih segar dan meredakan stres. Bonusnya, tubuh menjadi lebih sehat, penampilan Andapun trelihat lebih segar dan menarik.