Liburan, Jangan Sembarangan Ajak Anak Ke Kolam Bola

DokterSehat.Com– Liburan Natal dan Tahun Baru membuat kita memiliki kesempatan untuk pergi ke berbagai tempat, salah satunya adalah di tempat bermain anak. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengajak anak ke kolam bola meskipun tempat ini sangatlah menyenangkan bagi anak untuk bermain karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan sekaligus bahaya tersendiri. Apa sajakah bahaya tersebut?

Kita tentu pernah melihat berita yang menyebutkan bahwa wahana kolam bola yang kini semakin banyak ditemukan di pusat perbelanjaan ini ternyata menjadi sarang dari hewan-hewan berbahaya seperti kalajengking, ular, dan hewan berbahaya lainnya. Untuk berita ini, kita memang belum bisa memastikan kebenarannya. Namun, mengingat kolam bola cenderung jarang dibersihkan, memang ada kemungkinan hewan bersarang di tempat tersebut.

Jarangnya kolam bola berwarna-warni yang menarik ini dibersihkan juga akan membuat bola-bola ini kaya akan berbagai kotoran dan bakteri yang bisa memicu alergi. Tak percaya? Cobalah untuk mengecek bagaimana kondisi dasar dari kolam bola tersebut. Tanpa kita sadari, kebiasaan banyak orang tua yang membiarkan anaknya membawa makanan atau minuman saat bermain di kolam bola membuat sisa makanan ini berceceran di kolam bola tersebut dan mengundang banyak sekali bakteri berbahaya. Selain itu, sisa makanan juga akan membuat serangga berdatangan pada kolam bola.

Sebenarnya, hampir semua tempat bermain anak yang ada di tempat umum juga dipenuhi oleh kotoran, debu, bakteri, dan juga serangga. Hanya saja, ada baiknya memang kita lebih selektif jika ingin mengajak anak ke kolam bola. Pastikan untuk mengecek kebersihan kolam bola ini, khususnya di bagian dasarnya atau setidaknya menanyakan pada penjaganya seberapa sering kolam ini dibersihkan. Jika memang terlihat aman terawat, anak boleh-boleh saja bermain di kolam bola.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik