Libur Panjang, Cobalah Mengunjungi Alam Hijau Demi Kesehatan Layaknya yang Dilakukan Orang Jepang

DokterSehat.Com – Meskipun hanya tiga hari, banyak orang yang ingin menghabiskan libur panjang ini dengan mengunjungi berbagai tempat wisata atau bahkan ke luar negeri agar mereka bisa mendapatkan pengalaman baru sekaligus menurunkan stress pada tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika berlibur memang akan berdampak positif bagi stress dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, saat libur panjang ini, pakar kesehatan sangat merekomendasikan kita untuk menikmati alam hijau sebagaimana yang kerap dilakukan oleh warga Jepang. Menurut mereka, hobi orang Jepang ini ternyata bisa berdampak sangat baik bagi kesehatan tubuh kita?

jalan_lari_hutan_doktersehat

Mandi hutan atau Shinrin-yoku, begitu masyarakat Jepang menyebut aktifitas ini. Saat liburan, mereka akan memilih untuk menghabiskan waktu di hutan sambil menikmati pepohonan, air yang masih bersih, dan udara yang masih segar. Kegiatan ini sudah banyak dilakukan semenjak tahun 80an dengan tujuan membuat tubuh dan pikiran tetap sehat. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika menikmati hijaunya alam yang masih segar ternyata mampu memberikan efek penyembuhan, khususnya dari stress, dengan efektif.

Selain menikmati pemandangan alam hijau, kita juga bisa menghirup udara yang masih segar. Pakar kesehatan menyebutkan jika udara di dalam hutan ternyata memiliki senyawa phytoncides, semacam minyak esensial alami dari kayu-kayu pepohononan yang andai kita hirup, akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Selain itu, kita juga akan lebih baik dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 24 hutan di Jepang pada tahun 2010, diketahui bahwa kegiatan mandi hutan ini mampu menekan hormon kortisol atau yang kerap dikenal sebagai hormon stress, menurunkan tekanan darah dan nadi, meningkatkan aktifitas saraf parasimpatik, dan menurunkan aktifitas saraf simpatis. Kombinasi akan hal ini akan membuat tubuh dan psikis kita menjadi jauh lebih sehat.

Baca Juga:  Tak Lagi Bahagia di Tempat Kerja, Lebih Baik Bertahan Atau Resign?

Dengan adanya fakta-fakta menyehatkan ini, apakah anda tertarik menghabiskan waktu libur panjang ini dengan menikmati alam hijau di hutan?