Levofloxacin (4)

Nama: Levofloxacin



Interaksi
Lihat juga bagian Cara Menggunakan.

  • Interaksi obat dapat mengubah cara obat bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Artikel ini tidak mengandung semua interaksi obat mungkin. Catat daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan maupun yang tidak dan produk herbal) dan ceritakan pada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.
  • Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: vaksin hidup bakteri (seperti tifus, BCG), obat anti inflamasi nonsteroid (NSAIDs seperti ibuprofen, naproxen).
  • Meskipun sebagian besar antibiotik tidak akan mempengaruhi obat KB hormonal seperti pil, susuk, atau suntik, beberapa antibiotik (seperti rifampin, rifabutin) dapat menurunkan efektivitas KB hormonal tersebut sehingga dapat meningkatkan potensi kehamilan. Jika Anda menggunakan KB hormonal, tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.
  • Levofloxacin sangat mirip dengan ofloxacin. Jangan gunakan obat yang mengandung ofloksasin saat menggunakan levofloxacin.
  • Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (seperti pemeriksaan urine untuk opiat), mungkin menyebabkan hasil tes palsu. Pastikan pegawai laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Overdosis
Jika overdosis dicurigai, hubungi ruang gawat darurat segera.

Catatan:

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Jika Anda melewatkan dosis, konsumsi segera setelah Anda ingat. Jika dekat waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan melanjutkan jadwal pemberian dosis yang biasa Anda. Jangan minum dosis berganda untuk mengejar ketinggalan.

 

Penyimpanan
Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.