Levofloxacin (3)

Nama: Levofloxacin



Kewaspadaan

  • Sebelum mengkonsumsi levofloxacin, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi obat ini; atau antibiotik kuinolon lainnya (seperti ciprofloxacin, moksifloksasin, ofloxacin); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Konsultasikan dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama: diabetes, masalah jantung (seperti nyeri dada, serangan jantung baru-baru ini), masalah tendon/sendi  (seperti tendonitis, bursitis), penyakit ginjal, myasthenia gravis, masalah saraf (misalnya neuropati perifer), gangguan kejang, kondisi yang meningkatkan risiko kejang (seperti cedera kepala/otak, tumor otak, stroke, serangan stroke sementara/TIA-transient ischemic attack).
  • Obat ini mungkin membuat Anda pusing atau nyeri kepala. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan sampai Anda yakin Anda dapat melakukan kegiatan dengan aman. Batasi minuman beralkohol.
  • Levofloxacin dapat menyebabkan suatu kondisi yang mempengaruhi irama jantung (perpanjangan QT). Perpanjangan QT jarang dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur/cepat dan gejala lain (seperti pusing berat, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.
  • Risiko perpanjangan QT dapat ditingkatkan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengkonsumsi obat lain yang dapat menyebabkan perpanjangan QT. Sebelum menggunakan levofloxacin, beritahu dokter atau apoteker semua obat yang Anda konsumsi dan jika Anda memiliki salah satu kondisi berikut: masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan QT pada gambaran EKG), riwayat keluarga dengan masalah jantung tertentu (perpanjangan QT pada EKG, kematian yang tiba-tiba akibat jantung).
  • Kadar kalium atau magnesium  yang rendah dalam darah juga dapat meningkatkan risiko perpanjangan QT. Risiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik / “pil air”) atau jika Anda memiliki kondisi seperti banyak berkeringat, diare, atau muntah. Bicaralah dengan dokter Anda tentang keamanan menggunakan levofloxacin.
  • Levofloxacin mungkin jarang menyebabkan perubahan kadar gula darah yang serius, terutama jika Anda memiliki diabetes. Perhatikan gejala gula darah tinggi termasuk peningkatan rasa haus dan buang air kecil. Juga perhatikan gejala gula darah rendah seperti kegelisahan, kegoyahan, detak jantung cepat, berkeringat dingin, atau kelaparan. Periksa gula darah Anda secara teratur seperti yang diarahkan oleh dokter dan laporkan setiap perubahan. Jika Anda mengalami gejala gula darah rendah, Anda dapat meningkatkan gula darah Anda dengan menggunakan tablet glukosa atau makan sumber gula seperti gula pasir, madu, atau minum jus buah. Katakan kepada dokter Anda tentang reaksi penggunaan obat ini. Untuk membantu mencegah gula darah rendah, makan makanan teratur, dan jangan melewatkan jam makan. Dokter mungkin perlu beralih ke antibiotik lain atau menyesuaikan obat diabetes Anda jika reaksi apapun terjadi.
  • Obat ini mungkin akan membuat Anda lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Hindari kontak yang terlalu lama dengan cahaya matahari, atau gunakan payung. Gunakan tabir surya dan memakai pakaian pelindung saat di luar ruangan.
  • Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan maupun yang dibeli mandiri di warun  dan produk herbal).
  • Lansia dapat lebih sensitif terhadap efek obat, seperti masalah tendon (terutama jika mereka juga mengkonsumsi kortikosteroid seperti prednisone atau hidrokortison), masalah hati, dan perpanjangan QT (lihat di atas). Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.
  • Anak-anak mungkin lebih sensitif terhadap efek dari obat seperti masalah sendi / tendon. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter.
  • Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.
Baca Juga:  Teofilin - Kehamilan dan Menyusui, dan Penyimpanan (3)

Keamanan untuk kehamilan: kategori C

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B. mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: tidak ada informasi

Obat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.