Levofloxacin (1)

Nama: Levofloxacin

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Nama Dagang: Levaquin

Nama Generik: Levofloxacin

Tersedia dalam Bentuk: Tablet 250 mg, tablet 500 mg

Kelas: Antibiotik golongan kuinolon

Penggunaan
Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Levofloxacin milik kelas obat yang disebut antibiotik kuinolon, bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Obat ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti pilek, flu). penggunaan yang tidak perlu atau penyalahgunaan antibiotik apapun dapat menyebabkan efektivitas obat menurun dan meningkatkan kecenderungan kekebalan bakteri terhadap antibiotik (resistensi antibiotik).

Cara Menggunakan levofloxacin

  • Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsi levofloxacin dan setiap kali Anda mengulang resep. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.
  • Konsumsi obat ini melalui mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Minum banyak cairan saat mengkonsumsi obat ini, kecuali diarahkan oleh dokter Anda.
  • Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada fungsi Anda ginjal, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Ketika digunakan pada anak-anak untuk infeksi jenis tertentu, dosis juga didasarkan pada berat badan.
  • Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh Anda disimpan pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari.
  • Lanjutkan untuk mengkonsumsi obat ini sampai jumlah yang ditentukan selesai dan tuntas, bahkan jika gejala telah hilang sebelum antibiotik habis. Menghentikan pengobatan terlalu dini memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi.
  • Konsumsi obat ini setidaknya 2 jam sebelum atau 2 jam setelah mengkonsumsi obat atau produk yang mungkin mengikat obat sehingga ditakutkan terjadi penurunan efektivitas levofloxacin. Tanyakan apoteker Anda tentang keamanan produk lain yang konsumsi bersamaan dengan meminum levofloxacin. Beberapa contoh obat yang dapat menurunkan efektivitas obat ini antara lain: quinapril, vitamin / mineral (termasuk zat besi dan suplemen zinc), dan produk yang mengandung magnesium, aluminium, atau kalsium (seperti antasida, larutan didanosine suplemen kalsium).
  • Beritahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik.