Lepaskan Penyesalan dan Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Gangguan-Kepribadian-Skizoid-doktersehat

DokterSehat.Com– Anda sangat berharga, jangan biarkan kesalahan masa lalu mempengaruhi masa depan Anda. Pengampunan pasti merupakan sebuah proses. Belajar hal ini bisa berpegang pada kesalahan dan perilaku destruktif selama bertahun-tahun.

Jika Anda sedang berjuang untuk memaafkan diri sendiri atas sesuatu saat ini, semua orang dapat melakukan ini walaupun prosesnya akan berbeda untuk kita semua.

Anda bisa melepaskan beban yang mungkin Anda bawa, sehingga Anda bisa belajar memaafkan diri sendiri dan mulai mengalami beberapa kebebasan dalam hidup Anda.

Inilah beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk memaafkan diri sendiri bahkan dalam saat-saat paling gelap sekalipun:

1. Jangan menyertakan emosi ke dalam penyesalan
Salah satu realisasi pertama adalah bahwa Anda menyertakan emosi pada hal-hal yang Anda sesali lakukan. Anda sebenarnya menghubungkan kesalahan Anda dengan keyakinan yang membatasi. Jadi, mengherankan Anda tidak dapat memaafkan diri Anda atas tindakan karena itu benar-benar emosi mendasar yang perlu ditangani?

Sebagai contoh, jika Anda ‘menjerit’ pada ibu, Anda akan merasa sangat bersalah sesudahnya dan karena itu mencoba untuk memaafkan diri Anda karena jeritan itu tidak efektif karena Anda perlu melihat kesalahan yang ditimbulkannya terhadap Anda.

2. Meninggalkan masa lalu
Masa lalu benar-benar adalah masa lalu dan ketika kita bisa meninggalkannya di sana, kita menjadi lebih terbuka terhadap penerimaan, yang merupakan pengalaman penyembuhan dengan sendirinya dimana Anda berhenti mencoba mengubah situasi.

Kami merasa sulit untuk melepaskan masa lalu karena kami merasa itu benar-benar bagian dari diri kami, namun mengingatkan diri Anda bahwa pada saat itu juga, Anda melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan dengan alat yang Anda miliki saat itu. Simpan apa yang telah Anda pelajari dari acara tersebut dan lepaskan semua hal lainnya.

3. Lihatlah hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri
Anda bisa memaafkan orang-orang di sekitar Anda yang Anda cintai jauh lebih mudah daripada Anda bisa memaafkan diri sendiri. Jadi dengan mencintai diri sendiri dan bersikap kurang kritis, kurang keras, dan memberi diri Anda keuntungan dari keraguan, Anda akan menghargai diri Anda sedikit pun.

Menempatkan diri terlebih dahulu, mengurus kebutuhan Anda, menciptakan batasan, dan mempraktikkan perawatan diri akan memberi Anda perspektif positif baru pada diri Anda sendiri.

4. Mengapa tidak ‘menulis ulang’ acara?
Tuliskan bagaimana Anda akan melakukannya secara berbeda di lain waktu. Ini menegaskan pada pikiran bawah sadar Anda bahwa Anda telah belajar dari situasinya dan jika Anda memiliki alat yang Anda miliki sekarang, hal-hal tidak akan berjalan seperti apa adanya.

Anda kemudian dapat membuat visualisasi yang jelas di benak Anda tentang ciptaan baru Anda. Beginilah cara kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan.

5. Anda tidak perlu melihat setiap kesalahan dan penyesalan masa lalu
Lihat saja yang utama untuk memaafkan dirimu sendiri. Anda akan mengidentifikasi sebuah pola dan begitu Anda dapat melihat perkembangan perilaku Anda, dan dapat berfokus untuk mengubahnya dan bukan hanya acara salah satu.

6. Akui kesalahanmu
Kita dibesarkan untuk tidak membuat kesalahan dan jika kita melakukannya, kita akan dihukum. Jadi wajar saja, jika kita mencoba dan menyembunyikannya dari mereka.

Bila Anda bisa mengakui pada diri sendiri bahwa Anda telah mengambil alih kesalahan itu, Anda menyadari bahwa Anda adalah manusia dan itulah bagaimana Anda tumbuh dan belajar. Jika Anda membuat kesalahan, Anda melangkah keluar dari zona nyaman Anda, lakukan dengan baik.

7. Jangan mengatasinya sendiri
Mulailah berbagi perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percaya. Anda akan segera menyadari bahwa berbagi pikiran Anda benar-benar akan menghentikan Anda dari menuju ke jalan penyangkalan dan penindasan.

8. Mohon maaf
Jika Anda berjuang untuk memaafkan diri sendiri atas sesuatu yang telah Anda lakukan terhadap orang lain, cara terbaik adalah dengan mengatakan “maaf” kepada orang itu. Tatap muka jika memungkinkan, tapi jika Anda tidak dapat melakukan itu mungkin mengirim pesan atau email. Jangan mengharapkan tanggapan. Ketahuilah bahwa Anda telah mengatakan, “maaf.”

9. Jadikan ini benar dari hari ini
Anda tidak bisa kembali dan mengubah sikap Anda terhadap keluarga, misal berteriak dengan marah pada ibu Anda. Tapi yang bisa Anda lakukan adalah menjadi orangtua dan anak yang baik sekarang.

Anda tidak bisa “membuat” untuk apa yang Anda lakukan, tapi Anda bisa belajar dari masa lalu dan menciptakan masa depan yang baru. Anda tahu ini mungkin karena tahun ini saja Anda telah berlibur bersama seluruh keluarga dan kami semua senang setiap saat bersama.

10. Renungkan
Sebelum Anda menutup mata pada waktu tidur, renungkan siang hari dan ingatkan diri Anda akan semua hal yang dapat Anda lakukan dan bagaimana Anda membuat perbedaan, betapapun kecilnya, seperti senyum yang Anda berikan pada orang asing, makan malam yang Anda buat untuk suami Anda, dan orang yang Anda biarkan di depan Anda di antrean supermarket. Kemudian pegang pikiran ini saat Anda mengantuk.

Mengapa? Karena Anda benar-benar telah menjadi satu orang yang menakjubkan.