Lepaskan Lensa Kontak Saat Mandi Dan Berenang

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih baik adalah dengan memakai lensa kontak. Banyak orang yang memilih memakai lensa kontak karena akan membuat tampilan mata menjadi lebih cantik jika dibandingkan dengan memakai kacamata. Sayangnya, dibalik tampilan yang cantik dari menggunakan lensa kontak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memakai alat yang ditempelkan di mata secara langsung ini. Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-lensa-kontak-softlens

Pakar kesehatan menyebutkan jika penggunaan lensa kontak akan jauh lebih rumit dan merepotkan jika dibandingkan dengan memakai kacamata. Jika kacamata hanya cukup dibersihkan dengan rutin, lensa kontak membutuhkan perawatan ekstra khususnya dalam hal pembersihan dan pemakaian. Jika hal ini tidak dilakukan, dikhawatirkan lensa kontak bisa menyebabkan masalah kesehatan pada mata.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memakai lensa kontak adalah kita tidak boleh memakainya dalam jangka waktu yang terlalu lama setiap harinya. Selain itu, jika kita akan beranjak tidur, kita tentu harus melepaskannya agar mata kita tidak mengalami iritasi. Namun, pakar kesehatan juga sangat tidak merekomendasikan kita untuk memakai lensa kontak saat berenang atau saat mandi.

Mengapa tidak boleh? Pakar kesehatan menyebutkan jika memakai lensa kontak saat mandi beresiko menyebabkan mata kita menjadi pedih dan jika ada bakteri di lensa kontak ini, dikhawatirkan akan mengalami perkembangbiakan yang pesat, apalagi jika kita mandi dengan air hangat. Selain itu, jika kita tetap memakai lensa kontak saat berenang di kolam renang umum yang kaya akan bakteri, maka resiko mendapatkan sakit mata atau bahkan kerusakan mata pun akan meningkat tajam. Jangan memaksakan diri untuk tetap memakai lensa kontak pada situasi-situasi tersebut hanya karena malas untuk melepaskannya demi kesehatan mata kita.