Lenyapkan Sariawan dengan 6 Pengobatan Alami di Rumah

sariawan-doktersehat
Source: Medical News Today

DokterSehat.Com– Sariawan adalah peradangan berupa benjolan kecil berwarna putih seperti jerawat yang muncul di sekitar mulut dan gusi Anda yang sangat umum terjadi. Sariawan biasanya bertahan kurang dari seminggu dan bisa menjengkelkan, bahkan bisa menghalangi kemampuan Anda untuk berbicara dengan benar.

Sementara penyebab sariawan saat ini masih diperdebatkan, beberapa praktisi medis percaya bahwa faktor lingkungan dan keturunan memainkan peran utama. Satu hal yang pasti sekalipun, ada beberapa pengobatan rumahan untuk sariawan yang bisa digunakan untuk mencegah sariawan dan membuatnya hilang lebih cepat.

Mengobati sariawan secara alami di rumah

Ada metode alami untuk membantu mengobati sariawan, ini merupakan kabar baik bagi mereka yang sering menderita sariawan. Meskipun sariawan akan sembuh sendiri tanpa pengobatan apapun, Anda dapat membantu mempercepat melenyapkan sariawan dengan pengobatan alami di rumah Anda, seperti mengutip Natural Society, berikut ini:

garam-epsom-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

1. Kumur dengan air garam
Campur satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Larutan garam akan membantu meringankan ketidaknyamanan yang Anda rasakan dan lebih mempercepat kesembuhan sariawan. Berkumurlah sekitar 10-30 detik. Anda bisa melakukan ini sebanyak yang Anda inginkan.

Jus-jambu-biji-doktersehat
Source: Best Herbal Health

2. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C
Vitamin C membantu reproduksi dan perbaikan sel yang lebih baik, sehingga akan sangat membantu mengobati sakit sariawan, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa mengonsumsi buah yang kaya vitamin C, diantaranya jambu biji, jeruk, pepaja, stroberi, nanas, dan mangga.

makanan-panas-doktersehat
Photo Credit: Spe Certified

3. Jauhi makanan panas
Cobalah mengonsumsi makanan dingin karena makanan panas akan menyebabkan sensasi terbakar di mulut Anda. Usahakan juga menghindari mengonsumsi makanan pedas juga, karena akan menyebabkan efek yang sama pada sakit sariawan. Anda juga harus menghindari semua makanan yang menuyebabkan gatal di mulut, karena makanan ini akan memperparah sakit sariawan dan menyebabkan mulut Anda tidak nyaman.

4. Gunakan cabai rawit
Cabai rawit merupakan bahan untuk membuat sambal dan makanan lainnya, agar menghasilkan rasa pedas. Cabai rawit mengandung capsaicin yang membantu meringankan rasa sakit.

doktersehat-lidah-buaya

5. Basuh mulut dengan lidah buaya
Potong daun lidah buaya dan ambil lendirnya. Gunakan sebagai pembasuh untuk membantu disinfeksi area sariawan tersebut. Anda bisa melakukan ini sebanyak yang Anda mau.

doktersehat-es-batu
Photo Credit: John Voo
Follow

6. Oleskan es
Jika sakit sariawan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, es bisa membantu Anda menghilangkan rasa sakit.

Pengobatan sariawan di rumah ini mungkin tidak bisa mengatasi masalah ini dalam semalam, namun akan membantu mempercepat proses pemulihan. Selamat mencoba.