Lensa Kontak Khusus Ini Bisa Mencegah Datangnya Serangan Diabetes

doktersehat-lensa-kontak-softlens

DokterSehat.ComРPenemuan terbaru dari Korea Selatan ini bisa menjadi kabar baik bagi penderita diabetes. Bagaimana tidak, penemuan yang berupa lensa kontak khusus ini ternyata bisa membantu mereka mencegah datangnya serangan diabetes yang bisa saja sangat mematikan. Bagaimana cara kerja dari lensa kontak unik ini?

Lensa kontak yang dihasilkan oleh para peneliti yang berasal dari Ulsan National Institute of Sciencce and Technology (UNIST) dan Sungkyunkwan University ini memiliki struktur nano plastik berukuran sangat kecil yang bisa memberikan peringatan jika kadar gula darah (glukosa) berada dalam kondisi berbahaya, baik itu terlalu rendah atau terlalu tinggi. Di dalam lensa kontak ini juga ada layar LED berukuran mini yang akan memberikan informasi secara realtime tentang kadar glukosa dalam tubuh.

Jang-Ung Park, professor yang berasal dari UNIST dan terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa penderita diabetes memang harus rajin-rajin memeriksa kadar glukosa dalam tubuhnya beberapa kali dalam sehari untuk memastikannya tetap dalam kondisi normal dan tidak meningkatkan risiko serangan diabetes. Namun, hal tersebut tentu akan cukup merepotkan untuk dilakukan. Dengan adanya lensa kontak ini, maka mereka bisa dengan tenang terus melakukan aktifitasnya tanpa perlu kerepotan melakukan pengecekan glukosa.

Lensa yang terbuat dari bahan polimer yang sangat lembut, fleksibel, dan transparan sehingga tidak akan terlihat berbeda dibandingkan dengan lensa kontak biasa ini sudah dilengkapi dengan sensor glukosa, serangkaian peralatan transfer daya nirkabel, dan layar yang menampilan sinyal kadar gula darah. Lensa kontak ini menyempurnakan lensa kontak terdahulu yang tidak nyaman untuk digunakan dan cenderung terlalu rapuh sehingga justru menghalangi penglihatan penggunanya.

Sayangnya, lensa kontak ini baru bisa kita dapatkan lima tahun mendatang karena masih dalam tahap penyempurnaan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik