Lemon, Buah Segar yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Organ Tubuh Ini

DokterSehat.Com– Lemon adalah salah satu buah yang bisa menyegarkan tubuh saat dikonsumsi. Tak hanya itu, lemon juga kaya akan berbagai nutrisi sehat seperti vitamin C, thiamin, asam pantosenat, zat besi, magnesium, vitamin B6, riboflavin, kalsium, potassium, asam folat, tembaga, dan lain sebagainya. Karena adanya berbagai kandungan sehat inilah lemon kerap dikonsumsi baik itu secara langsung, dijadikan minuman, atau bahkan dijadikan salah satu bumbu makanan. Sebenarnya, apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi lemon?

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa manfaat pertama yang akan kita dapatkan dari lemon adalah kemampuannya dalam membuat kulit kita tetap sehat dan cantik. Namun, yang tidak diduga adalah lemon ternyata bisa membantu kesehatan ginjal kita.

Sebagai informasi, ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Organ yang memiliki bentuk kacang dan berjumlah dua ini memiliki fungsi utama sebagai penyaring sekaligus pembuang berbagai zat beracun dan zat sisa yang ada dalam darah kita melalui air seni. Sayangnya, kadangkala berbagai kandungan berlebihan layaknya dari garam, mineral, serta zat terlarut lainnya tidak bisa dibuang secara sempurna dan pada akhirnya menumpuk pada ginjal dan membentuk batu ginjal. Batu ginjal yang bisa berupa kalsium oksalat atau kalsium fosfat ini bisa memicu rasa sakit pada perut atau saat buang air kecil.

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa menggunakan lemon untuk mengobati batu ginjal ini. Kandungan asam sitrat pada lemon ternyata bisa membuat urine lebih asam sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. Tak hanya itu, kandungan kalium sitrat juga mampu mengatasi batu ginjal ini. Dengan mengkonsumsi 2 hingga 4 ons lemon yang sudah dijus dan dikonsumsi secara teratur, maka batu ginjal pun bisa lebih mudah dihancurkan dan terbuang bersama air seni.