Lemon, Buah Dengan Banyak Nutrisi

DokterSehat.Com – Lemon adalah salah satu buah yang memiliki kandungan Vitamin C dan asam folat yang tinggi. Seperempat gelas jus lemon dapat memenuhi 31% kebutuhan tubuh perhari akan vitamin C dan 3% kebutuhan akan asam folat. Kandungan nutrisi yang ada pada buah lemon memiliki berbagai fungsi yang baik bagi tubuh kita, yaitu :

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

  1. Imunitas

Kandungan Vitamin C begitu tinggi pada buah lemon, hal tersebut penting untuk menjaga imunitas tubuh dan juga berguna untuk menetralkan radikal – radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Vitamin C juga membantu produksi sel darah putih dan melindungi intergritas dari imunitas tubuh.

  1. Kesehatan Jantung

Asam folat berguna dalam mencegah stroke dan bisa berkontribusi untuk membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, vitamin C juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli vitamin C dapat mengurangi risiko tersebut karena bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas dan juga membuat kadar kolesterol LDL kita lebih rendah, serta menjaga pembuluh darah tetap fleksibel sehingga meminimalkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

  1. Ginjal

Lemon merupakan buah yang mengandung begitu banyak asam sitrat, kandungan tersebut berguna untuk menghancurkan batu yang berukuran kecil. Semakin tinggi kandungan asam sitrat di urin maka semakin kecil kemungkinan terbentuk kembali nya batu di saluran kemih.

  1. Kanker

Begitu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah lemon berguna untuk membuat sel kanker mati dan mencegah pertumbuhan sel sel kanker.

  1. Kesehatan kandungan

Folat yang merupakan kandungan dalam buah lemon, sangat berguna bagi ibu hamil karena dapat mencegah kecacatan pada bayi

Meskipun begitu banyak komposisi dan kegunaan dari buah lemon bagi tubuh kita, buah lemon juga mengandung berbagai macam risiko jika dikonsumsi secara berlebihan :

  1. Nyeri di daerah perut atas
  2. Nyeri dada seperti terbakar
  3. Bisa menghancurkan enamel gigi