Lemas Saat Menstruasi Bisa Dihilangkan Dengan Cara-Cara Berikut

DokterSehat.Com – Siklus menstruasi bisa menjadi satu hal yang sangat diharapkan oleh kaum wanita sekaligus menjadi hal yang mengkhawatirkan. Dalam beberapa kasus, menstruasi bisa menyebabkan masalah rasa nyeri yang sangat menyakitkan. Selain itu, banyak wanita yang juga melaporkan tubuhnya terasa sangat lemas saat menstruasi tiba. Lemasnya tubuh tentu akan membuat wanita menjadi kurang produktif. Adakah cara untuk menghilangkan rasa lemas yang disebabkan oleh menstruasi?

doktersehat-sakit-perut-Polimenorea

Meskipun terlihat aneh karena ditakutkan bisa meningkatkan berat badan, pakar kesehatan menyarankan agar wanita meningkatkan frekuensi makan. Secara logika, makan dengan lebih banyak akan membuat tubuh memiliki energi yang lebih banyak sehingga tubuh pun tidak akan mudah lemas. Asupan protein menjadi hal pertama yang harus ditingkatkan konsumsinya sehingga banyak pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi layaknya tempe, ikan, atau ayam. Hanya saja, ingatlah untuk tetap menjaga kadar gizi yang seimbang pada setiap makanan yang dikonsumsi.

Tips kedua untuk menghilangkan rasa lemas saat menstruasi adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu, cobalah untuk menghindari minuman layaknya soda, jus, kopi, atau bahkan alkohol. Konsumsi gula juga sebaiknya kita kurangi selama fase menstruasi. Konsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga rasa lemas pun akan jauh lebih bisa diminimalisir. Sementara itu, konsumsi kopi atau alkohol, khususnya di malam hari akan berpotensi mengganggu siklus tidur dan mengurangi waktu istirahat sehingga bisa membuat kita lebih lemas di siang hari.

Meskipun tubuh terasa lemas, cobalah untuk melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 hingga 30 menit saja. Dengan membuat tubuh bergerak, maka kita pun akan lebih melancarkan sirkulasi darah dan membuat jantung menjadi lebih aktif. Tubuh pun akan terasa lebih segar sehingga rasa lemas saat menstruasi pun akan berkurang. Selain itu, aktifitas olahraga juga bisa membuat tidur lebih nyenyak yang berimbas rasa lebih segar di pagi hari dan tidak mudah lemas di siang hari.