Lemari Es Yang Kotor Bisa Menyebabkan Tumbuhnya Bakteri

DokterSehat.Com – Lemari es memang praktis untuk menyimpan berbagai bahan makanan, namun tempat ini bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri. Memperhatikan suhu, pengemasan yang baik, hingga menjaga kebersihan kulkas dapat mengantisipasi tumbuhnya bakteri.



Lemari es tidak bisa mematikan bakteri. Dia hanya memperlambat pertumbuhannya. Jadi ibaratnya dia cuma tidur saja itu bakteri. Karena ada jenis bakteri yang memiliki spora dan dapat bertahan hidup dalam suhu di bawah minus nol derajat Celsius, papar Hardinsyah di Jakarta.

Parahnya, jika makanan sudah terkontaminasi bisa menyebabkan terjadinya pembusukan dan penyakit. Untuk itu perhatikan suhu lemari es Anda. Idealnya, lemari es harus satu derat lebih rendah dari suhu yang biasa digunakan.

Selanjutnya, Hardinsyah menyarankan untuk mengemas daging dan ikan dengan tertutup secara rapat. Tidak dianjurkan menyimpan daging bersamaan dengan yang sudah diolah.

“Disimpan dengan tutup yang rapat. Habis dipotong jangan dijadikan satu, melainkan dipisahkan. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengambil bahan sebelum memasak. Jadi, tidak perlu repot untuk memotong lagi.”

Bersihkan lemari es secara rutin. Bersihkan dua minggu sekali. Kulkas yang kotor juga menjadi menyebabkan tumbuhnya bakteri, tandasnya.

BACA JUGA : Impotensi Pada Perempuan