Lemak Seperti Ini yang Harus Dihindari Jika Ingin Tubuh Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Meskipun kerap dianggap sebagai biang kerok berbagai masalah kesehatan, khususnya dalam hal menyebabkan kelebihan berat badan, dalam realitanya lemak memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hanya saja, kita tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan berlemak karena ternyata hanya beberapa jenis lemak yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Jenis lemak apa saja yang sebaiknya kita hindari jika ingin tubuh tetap sehat?

doktersehat-makanan-ketagihan-kalori-junk-food

Pakar kesehatan dan gizi yang berasal dari Lagizi bernama Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa ada dua jenis lemak yang sebaiknya kita hindari, yakni lemak trans dan lemak terhidrogenisasi. Kedua jenis lemak ini jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau stroke. Biasanya, lemak ini ditemukan pada makanan-makanan yang terasa nikmat untuk dikonsumsi layaknya gorengan, semua jenis junk food, serta daging olahan seperti kornet atau sosis. Meskipun memiliki rasa yang enak, ada baiknya kita mulai membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Lantas, lemak seperti apa yang justru sebaiknya kita konsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Jansen menyebutkan bahwa lemak hewani atau lemak nabati yang berasal dari daging ikan, susu, keju, yoghurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah alpukat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Jansen sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi lemak sehat ini sebagai 20 hingga 35 persen dari asupan kalori harian.

Apakah tidak apa-apa jika mengkonsumsi lemak sehat ini dalam jumlah yang banyak? Jansen menyebutkan jika ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya terlalu banyak karena bisa membuat kita mendapatkan asupan kalori yang berlebihan. Jika kita tidak mengimbanginya dengan gaya hidup yang aktif, maka dikhawatirkan kelebihan asupan lemak ini, meskipun berlabel lemak sehat, pada akhirnya memicu masalah kelebihan berat badan. Sementara itu, jika kita kekurangan asupan lemak sehat ini, dikhawatirkan fungsi tubuh mengalami gangguan, khususnya dalam penyerapan nutrisi dari makanan dan sulitnya mengendalikan nafsu makan.