Lemak Bisa Membebani Liver

DokterSehat.Com – Lemak berlebihan pada tubuh tentu saja sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Banyak sekali pakar yang mengkait-kaitkan lemak berlebihan serta obesitas dengan berbagai macam penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, hepatitis, atau bahkan kanker yang mengerikan. Ternyata, lemak berlebihan juga bisa berimbas pada kerusakan organ hati atau liver di dalam tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Kadar lemak dalam tubuh yang terlalu banyak ternyata bisa membuat hati menjadi bekerja terlalu banyak. Beberapa pakar kesehatan dan diabetes berkata bahwa jika seseorang mengalami tahapan awal obesitas, maka jumlah lemak yang ada dalam tubuh pun semakin banyak yang harus dibakar oleh organ hati atau liver.

doktersehat-burger-junk-food-kanker

Sebuah penelitian tentang diabetes dan lemak dilakukan di Universitas Dusseldorf, Jerman, tentang sebuah fungsi mitokondria yang merupakan sebuah energi sel pada hati yang sehat dan juga hati dalam kondisi sakit. Mitokondria inilah yang melakukan pembakaran pada berbagai nutrisi termasuk asam lemak. Penelitan tentang mitokondria pada penderita diabetes ini menunjukkan bahwa kadar lemak yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu kinerja hati yang berlebihan secara sinifikan. Jika kadar lemak terus bertambah, kinerja mitokondria pun akan berkurang secara signifikan karena kinerja organ hati yang terlalu keras sehingga hati menjadi lebih lelah.

Sel-sel yang bekerja dalam hati pun kemudian mengalami stress sehingga struktur dalam hati pun bisa terpengaruh dan semakin melemah sehingga radikal bebas pun bisa dengan mudah menyerang hati hingga semakin meradang. Dengan adanya penurunan kinerja dalam hati, maka racun-racun yang ada dalam tubuh pun tidak bisa dinetralisir dengan baik sehingga tubuh pun menjadi mudah untuk sakit dan tidak fit. Bahkan, resiko untuk mendapatkan kanker hati pun meningkat karena kasus ini.

Baca Juga:  Ingin Bangun Tidur Dengan Segar? Cobalah Untuk Tidur di Kamar Yang Dingin

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, ada baiknya kita menjaga berat badan kita agar tidak mengalami obesitas yang berlebihan. Dengan berat badan yang normal dan kadar lemak yang tidak berlebihan, hati pun bisa bekerja dengan normal, apalagi jika kita melakukan gaya hidup yang sehat dengan pola makan yang baik serta istirahat yang cukup.