Lele Baik Untuk Otak dan Jantung

doktersehat-ikan-lele
Photo Credit: flickr/ Marie

DokterSehat.Com– Lele merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Banyak orang yang senang mengkonsumsi ikan lele karena dagingnya yang gurih dan halus. Selain rasanya yang nikmat ternyata lele memiliki banyak manfaat seperti yang dilansir dari Livestrong.

Sehatkan otak dan jantung
Ikan lele kaya kandungan omega-3 dan omega-6. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Penyedia asupan protein yang baik
Satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein dapat memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

Sumber vitamin B-12
Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Rendah merkuri
Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.