Lelah? Pijatlah Telinga Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Apa yang akan kita lakukan andai rasa lelah menyerang setelah melakukan beragam aktifitas seharian? Ada orang yang segera beranjak tidur, ada pula yang memilih untuk meminum kopi atau teh. Dengan meminum kopi atau teh, kita memang akan lebih mudah untuk menghilangkan rasa penat. Namun, jika ternyata setelah mengkonsumsi minuman tersebut tubuh dan pikiran kita masih terasa lelah, tak ada salahnya untuk mencoba sebuah trik unik untuk mengatasi rasa lelah. Trik tersebut adalah dengan memijat telinga.

doktersehat-lilin-ear-candle-telinga

Pakar kesehatan menyebutkan jika praktek memijat telinga ini sudah dikenal luas dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Meskipun sekilas terlihat seperti sesuatu hal yang tidak berkaitan, banyak pakar kesehatan tradisional yang menyebutkan jika hal ini bisa secara efektif mengusir rasa lelah pada tubuh.

Lantas, pemijatan seperti apakah yang bisa kita lakukan pada telinga kita? kita hanya perlu menggunakan jempol dan jari telunjuk untuk memijat telinga. Selain dipijat, kita bisa menggosok-gosok bagian atas telinga dengan lembut dan dilanjutkan hingga ke bagian cuping atau daun telinga. Kita bisa terus menggosok-gosokkan teligna ini hingga rasa lelah mulai mereda.

Pakar kesehatan tradisional dari Tiongkok menyebutkan jika dengan memijat telinga, maka kita akan mengalirkan energi melalui garis meridian tubuh. Sementara itu, pakar kesehatan dari Barat menyebutkan jika dengan memijat telinga, kita akan menstimulasi pusat refleks pada otak sehingga membuat kita mampu lebih baik dalam meredakan rasa lelah. Sebagaimana diketahui, telinga kita ternyata dipenuhi dengan ujung-ujung saraf.

Telah ada banyak orang yang mengakui betapa bermanfaatnya tips memijat telinga ini dalam menghilangkan rasa lelah. Kita pun bisa mulai melakukan tips ini andai ingin mendapatkan tubuh yang lebih nyaman setelah penat melakukan aktifitas seharian.