Lelah dengan Jerawat? Cobalah Memakai Obat Kumur

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang kerap kali muncul pada wajah. Meskipun kerap kali diidentikkan dengan masalah kulit saat masa puber atau masa remaja, dalam realitanya banyak orang dewasa yang juga masih mengalami jerawat. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri kita, bukan? Memang, kita bisa memakai produk perawatan kulit wajah yang diklaim mampu mengatasi masalah jerawat. Sayangnya, tidak semua orang cocok pada produk perawatan kulit wajah dan harus mencoba-coba banyak produk sebelum mendapatkan produk yang cocok. Alih-alih terlalu lama mencari produk yang cocok, mengapa kita tidak mencoba memakai obat kumur saja untuk mengatasi jerawat?

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Meskipun terlihat aneh karena obat kumur biasanya kita pakai untuk membuat gigi kita menjadi lebih bersih setelah melakukan sikat gigi, pakar kecantikan menyebutkan jika obat kumur ternyata dibuat dengan bahan berupa alkohol dan juga minyak herbal. Obat kumur memiliki sifat anti mikroba dan bakteri karena memang tugas utamanya adalah mengenyahkan bakteri di dalam mulut. Uniknya, sifat anti mikroba ini ternyata juga bisa membuat jerawat mereda. Bahkan, obat kumur diyakini mampu membuat bekas noda jerawat semakin berkurang dan resiko terkena infeksi dari radang jerawat juga ikut menurun.

Kita bisa memakai obat kumur untuk mengatasi jerawat dengan syarat, wajah kita sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air agar tidak ada lagi kotoran dan debu yang masih tertempel. Gunakan beberapa tetes obat kumur pada kapas dan kemudian oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan saja selama 15 hingga 20 menit dan kemudian bilaslah muka dengan air dingin. Setelah itu, cobalah untuk memberikan krim pelembab setelah wajah mulai mengering. Dengan cara ini, kita pun akan terbebas dari masalah jerawat yang membandel dan mengganggu penampilan wajah kita dengan efektif.