Leher Pegal-Pegal? Cobalah Gunakan Es Batu Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Ada banyak sekali hal yang bisa memicu leher pegal-pegal. Sebagai contoh, pekerja kantoran yang kerap memandang layar komputer dalam waktu yang lama sehingga mereka kurang gerak, hingga mereka yang tidur dengan posisi yang kurang baik maka saat terbangun mereka akan mendapati lehernya akan terasa pegal. Untuk mengatasinya, kita bisa saja melakukan pemijatan, peregangan, atau bahkan melakukan olahraga. Namun, tahukah anda jika kita bisa memakai bahan alami yang sangat mudah ditemui untuk mengatasi masalah leher pegal-pegal. Bahan tersebut adalah dengan es batu.

doktersehat-leher-sakit-pundak

Es batu ini tidak akan kita makan atau campurkan dalam ramuan tertentu untuk mengatasi pegal-pegal, namun kita jadikan kompres pada leher kita yang sedang pegal-pegal. Mengompres leher yang pegal-pegal dengan memakai es batu tentu akan sangat mudah untuk dilakukan di rumah atau bahkan di tempat kerja bukan? Es batu sendiri dikenal cukup efektif mengatasi rasa pegal-pegal mengingat sensasi dinginnya akan membuat rasa sakit pada leher segera mereda. Tak hanya itu, otot-otot leher yang sebelumnya lebih tegang akan menjadi lebih rileks sehingga tegangan yang ada pada leher menjadi lebih tenang.

Setelah mengompres bagian leher yang pegal dengan es batu nan dingin, kita bisa secara mandiri memijat otot-otot trapezius yang merupakan otot pada bagian bawah tengkorak kepala dan memanjang hingga bahu dan punggung kita agar otot ini menjadi lebih rileks dan rasa nyeri pun bisa segera mereda.

Selain itu, cobalah untuk melakukan peregangan dengan cara memutar leher dengan arah sama dengan jarum jam setidaknya 7 hingga 8 kali. Setelah itu, cobalah untuk memutar leher dengan arah yang cenderung sebaliknya. Kita juga bisa melanjutkan peregangan pada leher ini dengan cara memutar leher ke atas sambil menarik nafas dan kemudian dihembuskan bersama dengan saat kita menarik leher ke bagian bawah. Dengan cara inilah otot-otot bisa menjadi lebih rileks dan leher pun tidak lagi terasa pegal-pegal.