Lebih Sering Seks, Lebih Cerdas

DokterSehat.Com – Selain mampu membakar banyak kalori ketika berhubungan seksual, kini diketahui bahwa bercinta juga dapat membuat orang yang melakukannya lebih pintar.



Dari studi teranyar yang dilakukan pada tikus, para peneliti menemukan bercinta meningkatkan penciptaan neuron-neuron atau sel saraf yang berlokasi di hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab terhadap pembentukan memori jangka panjang. Dan, membuat tikus berhenti kawin menurunkan kecerdasan mereka, menurut para psikolog dari University of Maryland, Amerika Serikat, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (25/2).

Kami menemukan bahwa meski ada produksi neuron-neuron baru, kemampuan kognitif menurun pada tikus tanpa aktivitas seksual dalam waktu panjang, kata mereka.

Peningkatan aktivitas seksual membuat sel-sel otak manusia melimpah dengan oksigen. Neuron adalah jeni sel-sel khusus yang menyusun bangunan dasar dalam sistem sel saraf.

Bukti lebih lanjut yang menopang tim peneliti AS ini berasal dari peneliti Konkuk University di Korea Selatan. Menurut studi peneliti Korsel ini, seks meningkatkan fungsi-fungsi intelektual.

Aktivitas seksual mendukung pembuatan neuron-neuron di wilayah hippocampus yang bertindak melawan kemunduran fungsi-fungsi otak akibat stres parah.

Pasangan berusia lanjut yang lebih banyak bercinta berpeluang lebih kecil mengalami demensia yang disebabkan oleh berbagai alasan yang rumit, menurut majalah Glamour.