Lebih Sehatkah Pembalut Anion Dari Pembalut Biasa?

DokterSehat.Com – Wanita pasti membutuhkan pembalut untuk menampung darah ketika menstruasi. Banyak pilihan pembalut yang dijual di pasaran dan bahkan ada pula yang menjual pembalut dengan tambahan anion atau semacam oksigen yang diklaim baik untuk kesehatan.



Namun benarkah pembalut dengan teknologi anion lebih  sehat dibanding pembalut biasa? Berikut ini jawaban oleh dr. Nina Amelia Gunawan dari MeetDoctor.

Konsep penggunaan anion dalam pembalut sebenarnya diadopsi dari pengobatan tradisional Cina dan dikatakan memberikan beberapa keuntungan seperti efek anti radang, antibacterial, bersifat hipoalergenik, menyerap bau tidak sedap di area genital, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, hingga kini belum terdapat data klinis yang mendukung manfaat positif anion tersebut bagi kesehatan organ intim wanita.

Saran pemilihan pembalut yang aman lebih ditekankan pada pemilihan pembalut yang terbuat dari kapas (cotton) organik dan diproses secara natural sehingga dapat menghindari komplikasi yang tidak diinginkan pada penggunaan pembalut konvensional.

Jadi, pembalut biasa pun, yang beredar di pasaran ini sudah cukup aman digunakan asal sesuai aturan dan dijaga kebersihannya. Jadi tidak perlu memaksakan membeli pembalut anion yang biasanya dijual mahal jika memang organ intim tidak membutuhkan perlakuan khusus, ladies.