Mana yang Lebih Sehat, Susu Kambing atau Susu Kuda?

doktersehat-gizi-susu-kuda-kambing
Photo Credit: Flickr.com/liz west

DokterSehat.Com– Bosan mengonsumsi susu hewani dari sapi? Dua jenis susu hewani yang cukup hits ini kerap menjadi pilihan ya. Namun kira-kira antara susu kambing dan susu kuda, mana sih yang lebih bergizi?

Mengganti variasi konsumsi tentu boleh-boleh saja dilakukan. Meskipun sama-sama sumber protein hewani, namun hal ini bisa meningkatkan asupan berbagai jenis zat gizi yang berebeda pada masing-masing jenis susu.

Untuk mengetahui kandungan gizinya, yuk ketahui apa saja keunggulan yang ada pada kedua jenis susu hewani tersebut:

1. Susu kambing memiliki kandungan protein dan kalsium lebih tinggi dan rendah kalori

Dibandingkan dengan susu sapi, ternyata susu kambing memiliki kandungan protein dan kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi.

Berdasarkan data US Departement of Agriculture, dalam 100 gram susu kambing terdapat 3,5 gram protein dan 134 mg kalsium. Sedangkan pada 100 gram susu sapi kandungan kedua jenis zat gizi tersebut lebih rendah yaitu 3,3 gram dan 125 mg kalsium.

Namun yang perlu diperhatikan pada susu kambing adalah kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Dalam 100 gram susu kambing terdapat 4 gram lemak sedangkan pada susu sapi hanya terdapat 0,9 gram lemak.

2. Susu kuda kandungan gizinya lebih rendah namun jenis proteinnya lengkap

Persentase kandungan protein yang ada pada susu kuda terbukti memiliki kadar yang lebih rendah dari dua jenis susu hewani yaitu susu sapi dan susu kambing.

Namun suatu studi menyebutkan bahwa susu kuda memiliki bentuk turunan protein yang lengkap.

Selain itu salah satu keunggulan pada susu kuda adalah memiliki kadar laktosa cukup tinggi sehingga mirip dengan kadar laktosa pada ASI yang cocok yang lebih cocok untuk tubuh manusia.

Kedua jenis susu hewani tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda, sehingga memilih berbagai jenis susu hewani untuk variasi konsumsi susu kita sepertinya bisa kita lakukan, ya.