Lebih Dalam Mengenal Sirosis Hati, Penyakit yang Menyebabkan Sutan Bhatoegana Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Hari ini, Sabtu 19 November 2016, seorang politisi yang terkenal dengan gaya bicara yang kocak dan menuturkan kalimat “ngeri-ngeri sedap” bernama Sutan Bhatoegana meninggal dunia. Pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI ini diketahui mengalami masalah kesehatan yang sangat serius, yakni sirosis hati, pada penghujung usianya. Sebenarnya, seperti apakah penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ hati ini?

doktersehat-sutanbatoegana

Sirosis hati sendiri kerap disebut sebagai kondisi dimana organ hati mengalami pengerasan sehingga fungsi utamanya sebagai penetral racun tidak lagi bisa dilakukan dengan benar. Sirosis hati sendiri adalah kondisi tahap akhir dari adanya luka pada hati atau yang disebut sebagai fibrosis hati yang disebabkan oleh kondisi medis layaknya terkena penyakit hepatitis B dan hepatitis C namun tak mendapatkan pengobatan yang diperlukan, atau yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan.

Saat fase sirosis hati ini terjadi, organ hati mengalami pengerasan yang sangat luar biasa sehingga berbagai racun pada tubuh tidak bisa lagi dinetralisir dan darah dalam tubuh pun tak lagi bisa dibersihkan. Yang menjadi masalah, jaringan hati yang sudah mengeras ini cenderung tak lagi mampu dipulihkan kembali dan membuat tubuh pun mengalami kerusakan yang semakin parah.

Selain karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau terkena penyakit hepatitis, sirosis hati juga bisa disebabkan karena faktor non-alcohol fatty liver disease atau NAFLD. Faktor ini bisa dijelaskan sebagai kondisi dimana orang-orang yang memiliki berat badan tidak ideal atau mengalami obesitas yang pada akhirnya mengalami perlemakan hati meskipun tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sirosis hati biasanya menjadi faktor resiko paling besar yang menyebabkan kanker hati. Sebagai informasi, 70 persen pasien kanker hati di Amerika Serikat ternyata sebelumnya pernah mendapatkan masalah sirosis hati. Hal yang sama terjadi pada politisi Sutan Bhatoegana hingga akhirnya beliau menutup usia pada hari ini.

Baca Juga:  Senam Kegel Juga Baik Untuk Pria

Photo Source: Facebook/ Dedi Alamsyah Mannaroi