Lebih Baik Toilet Duduk Atau Toilet Jongkok?

DokterSehat.Com – Terdapat dua jeins toilet yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni toilet jongkok dan toilet duduk. Toilet jongkok sendiri dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Uniknya, banyak dari gedung-gedung fasilitas umum layaknya rumah sakit, gedung pemerintahan, hingga gedung perkantoran justru memakai toilet duduk yang dianggap lebih nyaman untuk digunakan. Banyak pengguna asli toilet jongkok yang kurang nyaman dengan toilet duduk, dan sebaliknya pengguna toilet duduk juga cenderung kurang nyaman dan mudah merasa pegal-pegal saat harus memakai toilet duduk. Manakah yang sebenarnya lebih baik dari kedua jenis toilet ini?



Sebuah penelitian pun dilakukan pada tahun 2003 dengan jumlah partisipan sebesar 28 orang dengan rentang usia bervariatif dari 17 hingga 66 tahun. Para partisipan ini diminta untuk duduk pada tiga jenis toilet; toilet jongkok, toilet duduk berukuran standar, dan juga toilet duduk dengan ukuran lebih pendek. Dari aktifitas buang air besar pada ketiga jenis toilet tersebut, peneliti pun mempelajari kebutuhan waktu di toilet dan membandingkannya dengan banyak hal, layaknya tenaga untuk mengejan buang air besar.

Hasil penelitian ini ternyata cukup mengejutkan. Mereka yang menggunakan toilet duduk ternyata cenderung membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dan tenaga yang jauh lebih besar daripada mereka yang menggunakan toilet jongkok. Hal ini terjadi karena saat buang air besar, usus besar dan otot puborectalis, sebuah otot yang menjaga kotoran agar tidak sembarangan keluar bekerja dengan baik. Dengan memakai toilet duduk untuk buang air besar, otot ini ternyata akan kesulitan berkontraksi dan bisa memicu sembelit atau bahkan wasir! Hal yang berkebalikan terjadi pada pengguna toilet jongkok dimana hampir tidak ada lagi masalah pada saat buang air besar karena otot pada perut cenderung jauh lebih rileks.

Baca Juga:  Awas, Efek Kurang Tidur Semalam Ternyata Sama Dengan Makan Junk Food Setengah Tahun!

Dengan posisi jongkok, kita bisa memudahkan perut untuk membuang kotoran dengan lebih lancar. Hal ini berarti masalah pada usus pun tidak akan menjadi hal yang berarti besar. Karena alasan inilah, banyak pakar kesehatan yang sebaiknya memakai toilet jongkok saja yang akan lebih mudah membantu proses pembuangan kotoran pdari tubuh.