Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati Penyakit Jantung Bukan?

DokterSehat.com– Jantung sebagai organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh serta menampungnya kembali setelah dibersihkan oleh organ paru-paru. Sehingga jantung menyediakan oksigen darah yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme, yaitu karbondioksida. Dengan fungsi dan kinerjanya yang sangat vital dan kompleks ini menjaga kesehatan jantung merupakan satu hal yang perlu untuk dilakukan. Mengingat kinerja jantung akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu kesehatan jantung haruslah dilakukan sejak dini, agar jantung tetap sehat hingga usia lanjut nanti. Jika tidak penyakit jantung sebagai pembunuh nomer satu di dunia ini dapat menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia.

15

Lebih baik mencegah daripada mengobati memanglah benar adanya. Sebelum penyakit jantung akan menyerang, alangkah baiknya mencegahnya sedini mungkin. Selain olahraga yang cukup, diperlukan saupan yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Salah satunya adalah ikan tuna. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi tuna dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena kematian yang disebabkan oleh serangan jantung. Kandungan lemak omega3 yang ada dalam tuna atau pun ikan salmon dapat melindungi dari detak jantung yang tidak menentu yang berpotensi mematikan. Jenis lemak ini berhubungan dengan tekanan darah dan laju jantung yang lebih rendah.

Penelitian ini berdasarkan kandungan omega3 dalam darah yang berkaitan dengan pola makan. Ditemukan sebanyak 50 % penurunan resiko kematian akibat penyakit jantung pada mereka yang mengonsumsi ikan tiga kali seminggu dibanding mereka yang makan kurang dari sekali dalam setiap bulannya. Jadi hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa manusia yang memiliki kadar omega3 yang paling tinggi dalam darahnya, rata-rata hidup dua tahun lebih lama dibanding yang memiliki kadar omega3 yang lebih rendah.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Lain Vitamin D untuk Jantung Kita

Sedangkan olahan yang tepat pada ikan untuk menjaga kadar omega3 adalah dengan dipanggang atau dibakar. Jika dalam olahan yang digoreng akan memiliki kadar yang berbeda, yaitu lebih rendah. Meski begitu tidak hanya omega dalam ikan saja yang akan menyehatkan jantung. Dengan sinergi dari berbagai makanan sehat lainnya, seperti sayur dan buah tentunya akan jauh lebih baik lagi. Hanya saja pada mereka yang memiliki kadar omega3 lebih banyak dalam tubuhnya memang akan mengurangi resiko serangan jantung. Sehingga, omega3 belum tentu satu-satunya indikator dari gaya hidup yang sehat. Jadi pola makan yang lebih sahat adalah pilihan untuk hidup sehat.