Lebih baik makan bubur untuk sarapan daripada makan sereal

DokterSehat.Com Tahukah Anda apa fungsi sarapan untuk tubuh manusia? Bagi sebagian orang sarapan nampaknya menjadi pola makan yang tidak terlalu penting untuk dilakukan. Sebab mereka beranggapan bahwa sarapan dapat membuat mereka gemuk. Ada pula yang merasa ketika pagi hari mereka tidak terlalu lapar sehingga bagi mereka sarapan bukanlah hal yang penting.

15

Para ahli kesehatan sering menyarankan sarapan pagi memang hal yang wajib harus di lakukan. Sebab sarapan dapat membuat Anda selalu fokus, berenergi, dan membuat tubuh Anda langsing.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, para peneliti bahkan memberikan Anda tips agar langsing melalui sarapan. Caranya adalah makanlah bubur daripada sereal untuk menu sarapan.

Jika di luar negeri sereal sangat populer sebagai menu sarapan, di Indonesia bubur hampir tidak pernah absen dalam menu makan pagi. Tidak sulit menemukan bubur pada pagi hari di restoran-restoran, foodcourt maupun gerobak kaki lima. Kenapa sih lebih baik makan bubur sebagai menu sarapan daripada makan sereal?

“Sereal terutama yang berada di dalam kemasan mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan yang malah berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Sehingga lebih baik konsumsilah bubur apalagi bila Anda membuatnya sendiri. Bubur yang terbuat dari bahan alami seperti gandum, beras, dan umbi-umbian kaya akan nutrisi sehat dan efektif untuk membuat Anda kenyang,” kata Dr Frank Greenway dari Pennington Biomedical Research Centre di Louisiana State University.

Penelitian ini bukanlah tanpa alasan. Sebab para peneliti mengambil sampel beberapa orang yang makan sereal dan bubur sebagai menu sarapan. Hasilnya, mereka yang memilih untuk mengonsumsi bubur memiliki rasa lapar yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang makan sereal.

Baca Juga:  Bahan-Bahan Rumah Tangga Ini Bisa Dipakai Untuk Merawat Kecantikan

“Kami menemukan bahwa bubur lebih efektif untuk menekan nafsu makan dibandingkan dengan sereal bahkan dengan porsi bubur yang lebih sedikit,” tutupnya.