Layaknya Menguap, Menggaruk Karena Gatal Juga Bisa Menular Lho

DokterSehat.Com– Saat melihat orang lain menguap, kita juga akan cenderung ingin melakukan hal yang sama. Yang menarik adalah, sebenarnya saat kita melihat orang lain menggaruk kulitnya yang sedang gatal, kita juga akan mulai merasakan gatal pada bagian tubuh tertentu dan ingin segera menggaruknya. Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa hal ini bisa menular?

doktersehat-wanita-punggung-gatal-merah-itchy-kulit-alergi-Pruritus-garuk-cacar-air

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Washington University of St. Louis dan Fourth Military Medical University dari Shaanxi, Tiongkok yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Science dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan untuk mencari jawaban akan pertanyaan tersebut. Hasilnya adalah, saat tikus ini melihat tikus lain menggaruk, maka akan ada zat kimia yang dilepas yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sinyal gatal dari kulit menuju saraf yang ada di tulang belakang. Hal ini berarti, keinginan untuk ikut menggaruk ini sebenarnya berkaitan dengan respons yang muncul pada otak, bukannya karena empati.

Dr. Zhou-Feng Chen yang berasal dari Washington Univerisity menyebutkan bahwa rasa gatal memang bisa menular. Bahkan, saat kita menyebut gatal atau sensasi gatal saja, maka kita pun akan segera merasakan sensasi ada yang perlu digaruk pada beberapa bagian tubuh kita. Hal ini juga terkait dengan insting atau perilaku bawaan lahir kita.

Jadi, jika kita mulai merasakan sensasi gatal saat memikirkan sesuatu yang gatal atau melihat orang menggaruk kulit, kita tidak perlu khawatir karena hal ini sangatlah wajar terjadi pada semua orang.