Lawan Flu Dengan Sup Ayam

DokterSehat.Com – Saat terserang flu, kita tidak bisa makan sesuka hati jika ingin lekas sembuh. Minuman dingin dengan es bukanlah satu-satunya yang perlu dihindari, melainkan juga makanan yang digoreng, produk susu dan makanan yang serba manis.



Untuk membangun daya tahan tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Sup ayam dapat menjadi salah satu pilihannya.

Diperkirakan setiap tahunnya terdapat 1 miliar kasus orang yang terkena pilek atau flu di seluruh dunia. Walau banyak obat-obatan bebas yang bisa meringankan gejala flu dan pilek namun sebenarnya kita juga bisa mempersingkat masa sakit flu dengan makanan bergizi.

Dalam sebuah artikel, The Science of Chicken Soup oleh Tara Parker-Pope, tim peneliti medis mengeksplorasi isi di balik kandungan kaldu ayam sebagai obat pilek.

Dr Stephen Rennard, seorang ahli paru di University of Nebraska Medical Center di Omaha, menemukan kaldu ayam terbukti mengandung sifat anti-inflamasi yang mungkin bisa membantu mencegah efek samping yang tidak menyenangkan dari penyakit flu tersebut, contohnya hidung yang tersumbat. Selain itu, sup dapat meningkatkan rehidrasi dan nutrisi dalam tubuh.

Dr. Rennard melakukan tes di laboratorium menggunakan sup ayam dan sampel darah buatan dari relawan. Hasil penelitian menunjukkan sup mampu menghambat pergerakan Europhiles, jenis yang paling umum dari sel darah putih dalam melawan infeksi.

Namun tidak bisa diketahui bahan spesifik dalam sup yang membuatnya efektif terhadap pilek. Sup yang diuji mengandung ayam, bawang, ubi jalar, lobak, wortel, seledri, peterseli, garam dan merica. Selain itu, ia membandingkan dengan sup instan dan ternyata sup ini juga memiliki efek penghambatan yang sama.