Latihan Prenatal Dapat Memudahkan Persalinan

DokterSehat.com – Melahirkan secara normal menjadi impian sebagian wanita. Supaya persalinan bisa berjalan lancar sebaiknya ibu mempersiapkan tenaga sejak dini. Selain itu, diperlukan juga beberapa latihan yang dipercaya dapat membantu persalinan secara normal.



Beberapa wanita membutuhkan waktu 8-10 jam dalam proses melahirkan secara normal. Selama berjam-jam ibu akan merasakan sakit dan nyeri. Untuk mengurangi sakit dan menurunkan jangka waktu persalinan sebaiknya lakukan latihan prenatal yang bisa menguatkan otot panggul.

Latihan yang dilakukan dengan teratur selama kehamilan bisa membantu menjaga sirkulasi darah dan menghindari kram otot. Berikut ini daftar latihan prenatal yang bisa mempermudah persalinan:

1. Jongkok
Bagi wanita hamil sebaiknya lakukan latihan jongkok untuk menguatkan otot-otot panggul dan paha. Latihan jongkok bis membantu membuka panggul dan vagina. Dengan begitu otot akan kendur dan ibu akan lebih siap untuk melahirkan.

Lakukan latihan jongkok dengan menjaga tangan Anda di depan sebagai dukungan. Mintalah suami untuk menemani Anda saat melakukan latihan ini.

2. Kegel
Latihan memiliki banyak manfaat, salah satunya mempercepat persalinan. Selain itu, latihan ini juga bisa menghindari pembekuan darah dan wasir.

Pada dasarnya kegel merupakan latihan otot. Caranya, tarik otot vagina dan dubur, kemudian tahan selama beberapa detik setelah itu lepaskan. Latihan sederhana ini dapat memperkuat otot-otot panggul dasar yang bisa mendorong bayi selama persalinan dan meningkatkan kapasitas kontrol kandung kemih.

3. Latihan Panggul
Lakukan latihan panggul dengan alas kasur lantai yang nyaman. Awali dengan posisi merangkak dengan menjauhkan kedua siku untuk mendukung berat badan. Lalu, tarik otot dubur dan tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan.

Latihan ini dapat membantu meringankan sakit punggung yang kerap dialami selama masa kehamilan. Selain itu, bisa membantu meningkatkan aliran darah ke daerah panggul bawah sehingga berdampak positif pada janin dalam kandungan. Latihan panggul juga dapat memperkuat otot-otot panggul yang pada akhirnya akan mempermudah proses persalinan.

Baca Juga:  Seputar Penyakit Jantung Pada Anak