Latihan Fisik Tidak Selalu Harus Dilakukan di Gym

DokterSehat.Com – Belakangan ini, gym mendapatkan popularitas yang cukup tinggi sebagai tempat latihan tubuh yang sangat ideal bagi sebagian masyarakat. Bebeapa orang, khususnya yang tinggal di kota-kota besar dimana tempat untuk berolahraga sangat minim menganggap gym sebagai tempat ideal untuk melatih tubuh mengingat kebanyakan gym telah memiliki peralatan yang lengkap untuk melatih hampir semua bagian tubuh. Gym sendiri kini bahkan mulai beralih sebagai tempat yang nyaman untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sayangnya, banyak gym yang memberikan harga yang cukup mahal sehingga tidak akan mudah dijangkau oleh beberapa kalangan masyarakat. Jika anda termasuk dalam orang yang tidak mau menghabiskan uang hanya untuk melatih tubuh di gym, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa latihan tubuh yang praktis seperti sebagai berikut.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Jangan pernah menyepelekan olahraga berjalan kaki meskipun terlihat sangat sepele dan tidak berguna. Berjalan kaki dengan rutin setiap hari setidaknya selama 45 menit ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi tubuh. Dengan berjalan kaki, otot-otot dan juga sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar dan terlatih sehingga berdampak pada tubuh yang semakin sehat dan bugar.

Anda tinggal di area yang mengharuskan anda naik-turun tangga setiap hari? Meskipun terlihat sangat melelahkan, anda justru harus bersyukur mengingat kegiatan naik-turun tangga setiap hari ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat baik bagi tubuh. Dengan naik-turun tangga, kita akan membakar kalori dengan baik dan juga membentuk banyak otot. Pakar kesehatan menyebutkan jika kegaitan ini jika dilakukan setiap hari bisa menjaga kesehatan paru-paru dan juga jantung.

Jika anda tinggal di area dimana ada bukit atau gunung di sekitar rumah anda, jangan ragu untuk mendakinya dengan rutin. Bukit atau gunung yang memiliki jalur menanjak ternyata bisa kita jadikan tempat melatih tubuh meskipun hanya untuk mendaki saja. Dengan sering-sering mendaki, kita bisa meningkatkan aliran ke arah jantung sehingga jantung pun menjadi lebih sehat. Selain itu, bukit atau gunung yang biasanya cenderung masih asri dan hijau ternyata akan sangat baik untuk membaut anda mengelola stress sekaligus meningkatkan kadar antioksidan bagi tubuh.