Latar Belakang Kemunculan Diaper Rash

DokterSehat.Com – Diaper rash adalah istilah umum yang menggambarkan inflamasi akut yang terjadi pada area popok, lebih dikenal sebagai ruam popok pada bayi.



Ruam ini kerap terjadi pada area lipatan kulit yang terbungkus oleh popok. Lebih sering terjadi pada bayi yang menggunakan popok sekali pakai, karena terlalu lama digunakan dan tidak segera diganti. Kotoran serta air seni yang terdiam lama akan mendukung perkembangan kuman dan bakteri yang menyebabkan kulit bayi teriritasi.

Agar anda tidak mengalami hal ini terlalu sering maka penting sekali untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya.

Berikut serba-serbi latar belakang kemunculan iritasi kulit pada bayi :

  • Daerah sekitar area bawah tubuh bayi sering dalam keadaan lembab
  • Kulit bayi anda memiliki sifat alergi teradap detergent yang digunakan untuk mencuci popok kain yang dikenakan bayi
  • Ketika memandikan bayi area lipatan kulit terutama area bawah tidak dikeringkan secara sempurna
  • Bayi yang proses konsumsi air susu menggunakan botol cenderung lebih sering menderita ruam pada lipatan kulit ini

Ruam pada kulit bayi memang bukanlah gangguan baru dan sudah sering dialami oleh sebagian besar bayi di dunia. Meskipun demikian apabila tidak segera ditangani maka ruam ini akan semakin melebar dan justru akan membuat bayi lebih rewel dan kesakitan. Jika anda mengetahui ada kulit bayi yang mengalami diaper rash segera lakukan pengobatan, atau segera dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.