Laringitis (Radang Pita Suara)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada pita suara karena terlalu banyak digunakan, karena iritasi atau karena adanya infeksi. Pita suara adalah suatu susunan yang terdiri dari tulang rawan, otot dan membran mukosa yang membentuk pintu masuk dari batang tenggorok (trachea). Di dalam kotak suara terdapat pita suara—dua buah membran mukosa yang terlipat dua membungkus otot dan tulang rawan.

Biasanya pita suara akan membuka dan menutup dengan lancar, membentuk suara melalui pergerakan dan getaran yang terbentuk. Tapi bila terjadi laringitis, pita suara akan meradang atau terjadi iritasi pada pita suara. Pita suara tersebut akan membengkak, menyebabkan terjadinya perubahan suara yang diproduksi oleh udara yang lewat melalui celah diantara keduanya. Akibatnya, suara akan terdengar serak. Pada beberapa kasus laringitis, suara  akan menjadi sangat lemah sehingga tidak terdengar.

Laringitis dapat berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau berlansung lama (kronis). Meskipun laringitis akut biasanya hanya karena terjadinya iritasi dan peradagnan akibat virus, suara serak yang sering terjadi dapat menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius.

Tanda-tanda dan gejala

Laringitis sering kali membuat anda merasa harus berulang kali berdehem untuk membersihkan tenggorokan anda. Tanda-tanda dan gejala lain adalah sebagai berikut:

  • Suara serak
  • Suara pelan
  • Rasa gatal dan kasar di tenggorokan
  • Sakit tenggorokan
  • Tenggorokan kering Batuk kering

Penyebab

Biasanya infeksi virus menyebabkan laringitis akut. Infeksi bakteri seperti difteri juga dapat menjadi penyebabnya, tapi hal ini jarang terjadi. Laringitis akut dapat jgua terjadi saat anda menderita suatu penyakit atau setelah anda sembuh dari suatu penyakit, seperti selesma, flu atau radang paru-paru (pneumonia).

Kasus yang sering terjadi pada laringitis kronis termasuk juga iritasi yang terus menerus terjadi karena penggunaan alkohol yang berlebihan, banyak merokok atau asam dari perut yang mengalir kembali ke dalam kerongkongan dan tenggorokan, suatu kondisi yang disebut gastroesophageal reflux disease (GERD).

Pada orang dewasa, penyebab lain terjadinya suara serak yang kronis adalah:

  • Perlukaan (sariawan) pada pita suara
  • Bisul (polip atau nodules) pada pita suara
  • Pita suara yang kendur karena faktor usia
  • Kelumpuhan pada pita suara, yang merupakan akibat dari suatu cedera, serangan stroke atau adanya tumor pada paru-paru

Faktor Risiko

Faktor-faktor berikut ini akan membuat anda memiliki risiko yang lebih besar untuk mengidap laringitis:

Adanya infeksi pada saluran pernafasan, seperti selesma, influensa, bronkhitis atau sinusitis
Keterpaparan terhadap zat-zat yang membuat iritasi, seperti asap rokok, alkohol yang berlebihan, asam lambung atau zat-zat kimia yang terdapat pada tempat kerja anda.
Terlalu banyak menggunakan suara, dengan terlalu banyak bicara, berbicara terlalu keras atau menyanyi.

Kapan harus mencari pertolongan medis

Laringitis biasanya adalah masalah yang bersifat sementara, karena dapat membaik dengan sendirinya atau setelah menjalani pengobatan. Anda dapat menangani kasus laringitis akut dengan langkah-langkah perawatan sendiri, seperti dengan mengistirahatkan suara anda, minum banyak cairan dan mengisap pelega tenggorokan. Bila suara serak sudah diderita berlangsung lebih dari dua minggu pada orang dewasa atau lebih dari satu minggu pada anak-anak, kunjungi dokter anda.

Bila anak anda mengalami laringitis dan menderita demam tinggi, tidak mau makan atau minum, mengeluarkan banyak air liur, atau mengalami kesulitan bernapas, segera kunjungi dokter anda.  Anak-anak berusia kurang dari empat tahun yang mengalami laringitis dapat menderinta croup – peradangan pada pita suara dan saluran udara yang terletak tepat dibawah pita suara. Croup dapat menyebabkan suara batuk yang keras dan suara yang serak.

Pengamatan dan Diagnosis

Tanda-tanda utama terjadinya laringitis adalah suara serak. Perubahan pada suara dapat bervariasi tergantung pada tingkat infeksi atau iritasi, bisa hanya sedikit serak hingga suara yang hilang total. Dokter  mungkin akan menanyakan apakan anda seorang perokok atau kondisi kesehatan anda saat itu – apakah anda sedang menderita selesa, influenza atau apakah anda menderita alergi – yang dapat menjadi penyebab terjadinya iritasi pada pita suara. Dokter mungkin juga akan menanyakan apakah anda terlalu banyak menggunakan pita suara anda – seperti dengan menyanyi atau berteriak – yang juga dapat menyebabkan iritasi pada pita suara anda.

Bila anda mengalami suara serak yang sifatnya kronis, dokter anda mungkin akan mendengarkan suara anda dan memvisualisasikan pita suara anda atau mereferensikan anda pada spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (otolaryngologist). Dokter anda dapat menggunakan teknik-teknik dibawah ini untuk membantu diagnosis laringitis:

  • Laryngoscopy. Dokter akan secara visual memeriksa pita suara anda melalui prosedur yang disebut laryngoscopy, dengan memasukkan semacam cermin yang ringan dan sangat kecil ke belakang tenggorokan anda. Atau dokter mungkin akan menggunakan fiber-optic laryngoscopy. Tindakan ini berarti memasukkan tabung yang kecil dan fleksibel (endoscope) dengan kamera berukuran mini dan sangat ringan melalui hidung atau mulut ke arah belakang tenggorokan anda. Kemudian dokter akan melihat pergerakan pita suara saat anda berbicara.
  • Biopsi. Bila dokter melihat adanya wilayah yang mencurigakan, dokter akan melakukan biopsi – mengambil contoh jaringan untuk diperiksa dibawah mikroskop.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebab terjadinya laringitis. Pengobatan terbaik untuk laringitis yang diakibatkan oleh sebab-sebab yang umum, seperti virus, adalah dengan mengistirahatkan suara anda sebanyak mungkin dan tidak membersihkan tenggorokan dengan berdehem. Bila penyebabnya adalah zat yang dihirup, maka hindari zat penyebab iritasi tersebut.  Anda juga mungkin akant erbantu bila anda menghirup uap hangat dari baskom yang diisi air panas.

Bila anak anda yang masih berusia balita mengalami laringitis yang berindikasi ke arah croup, dokter anak mungkin akan meresepkan kortikosteroid seperti dexamethasone.

Untuk laringitis kronis yang juga berhubungan dengan kondisi lain seperti rasa terbakar di ulu hati, merokok atau alkoholisme, anda harus memperbaiki dulu kondisi-kondisi tersebut bila anda ingin membaik.

Bila anda merokok, berhentilah merokok. Sebagai tambahan, bila anda seorang perokok dan sering mengalami suara serak yang kerap kali terjadi, temui dokter dan lakukan pemeriksaan menyeluruh pada pita suara anda untuk memastikan tidak adanya sel-sel kanker pada pita suara anda. Bila dideteksi secara dini, kanker pada laring biasanya dapat diatasi dengan baik melalui tindakan operasi atau radiasi

Bila laringitis yang anda alami disebabkan oleh konsumsi alkohol, berhentilah minum alkohol. Bila anda tidak dapat berhenti mengkonsumsi alkohol secara sukarela, cari terapi yang dapat membantu anda melakukannya.

Pencegahan

Untuk mencegah kekeringan atau iritasi pada pita suara anda:

  • Jangan merokok, dan hindari asap rokok dengan tidak menjadi perokok tidak langsung. Rokok akan membuat tenggorokan anda kering dan mengakibatkan iritasi pada pita suara anda.
  • Minum banyak air. Cairan akan membantu menjaga agar lendir yang terdapat pada tenggorokan tidak terlalu banyak dan mudah untuk dibersihkan.
  • Batasi penggunaan alkohol dan kafein untuk mencegah tenggorokan kering. Bila anda mengalami laringitis, hindari kedua zat tersebut diatas.
  • Jangan berdehem untuk membersihkan tenggorokan anda. Berdehem tidak akan berakibat baik bagi anda, karena berdehem akan menyebabkan terjadinya vibrasi abnormal pada pita suara anda dan meningkatkan pembengkakan. Berdehem juga akan menyebabkan tenggorokan anda memproduksi lebih banyak lendir dan merasa lebih iritasi, membuat anda ingin berdehem lagi.

Perawatan sendiri

Langkah-langkah perawatan sendiri berikut ini mungkin dapat meringankan gejala-gejala laringitis dan mengurangi tekanan pada suara anda:

  • Lembabkan tenggorokan anda. Cobalah untuk mengisap pelega tenggorokan, berkumur dengan air garam atau mengunyah permen karet.
  • Gunakan alat pelembab ruangan. Jaga agar udara di sekitar rumah anda tetap lembab.
  • Hindari berbicara atau menyanyi terlalu keras atau terlalu lama. Bila anda perlu berbicara dihadapan banyak orang, coba untuk menggunakan mikrophone atau megafon.
  • Beri jeda pada suara anda. Istirahatkan suara anda bilamana mungkin.
  • Cari pelatih suara. Pertimbangkan pilihan ini bila anda seorang penyanyi atau bila kualitas suara sangat penting bagi anda.
  • Jangan berbisik-bisik. Berbisik akan menyebabkan lebih banyak tekanan pada pita surara anda daripada bila anda berbicara dengan suara normal.

Sumber : kimiafarmaapotek.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Ari

    Dok, sy mau tnya
    Dri sy umur 9tahun sampai skrang (20tahun) suara sy kok tetap kecil ?
    Pdhal waktu kecil, suara sy ckup keras
    Dikeluarga sy juga suaranya keras2
    Klau soal mslah pubertas jga gak ada

    Tlong bantuannya ya dok :)

  2. lyas

    Selamat Siank Dok,

    Saya ingin bertanya apakah ada alat untuk mengganti pita suara.
    Kakak saya kena tumor di sekitar pita suaranya, dan harus di operasi segera, dan kata dokter yg menangani tsb, berkata bahwa kakak saya setelah operasi akan kehilangan suaranya karena dua pita suaranya akan diangkat dan ditanamkan selang pada daerah tsb.
    Apakah ada alat untuk pengganti pita suara tsb.
    Trims sebelumnya.

    1. dr. Vanny Bernadus

      Sepengetahuan kami belu ada. Namun anda bisa konsultasikan dengan dokter spesialis THT yg menanganinya. Trims

  3. Pingback: Radang Pita Suara Pada Bayi - Tips Baju Bayi

  4. Ahmad Afgani

    Selamat pagi dok,

    Saya ingin bertanya, kenapa ya dengan suara saya? Kata orang, saya kalau bicara seperti orang yang sedang makan permen tidak jelas gitu. Bagaimana cara menanganinya? Dan adakah obat/alat untuk memperjelas suara? Trima kasih

    Saya laki-laki, 26tahun, tinggi 169cm dan berat badan 62kg

  5. maya

    anak saya berumur 3th,setahun yg lalu ketika minum salah 1 merk susu,setiap habis minum susu psti punggungnya kemerah2an dan gatal tetapi tidak berbintik,kalo tidak minum susu tidak gatal2.saya memutuskan mengganti susu yang lain,badan tidak gatal2 lagi tapi setelah bbrp bulan dia sering berdehem2 dan semakin sering.saya sudah ke dokter anak dan dikatakan alergi.sekali diobati sembuh tp bbrp bulan kemudian kambuh lagi Dan sampai sekarang masih belum sembuh.yang mau saya tanyakan harus ke dokter manakah untuk mentuntaskan dehem nya,tetap lanjut ke dokter anak atau THT atau dokter alergi.karena saya tidak tahu apakah ini alergi atau penyakit lainnya. Terimakasih

  6. NANdA

    dok,sy ibu berusia 39 thn.hampir sebulan lebih suara sy serak,tdk nya awalnya tenggorokan skiit skli,baiknya trnyta diiringi batuk da suara ilang dlm 2hri,pda saat itu lgsng ke dokter dlm 5hri batuk sembuh, tpi suara sy seraknya smp skrng ga ilang2,pkrjaan sy mengajar ank2,pda pagi sore dan mlm hari.apa sy hrs ke dktr kmbli?trmksh.

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Bu Nanda
      dari eluhn yang anda bagikan, dapat disebabkan karena peradangan pada laring (tenggorokan bagian bawah)
      Bila banyak dahak berwarna kekuningan atau putih kental perlu diberikan obat golongan antibiotik
      silakan kontrol kembali ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan yang adekuat
      , dan pneting juga untuk mengistirahatkan pengguaan suara anda, banyak minum air putih, dan buah-buahan
      Terima kasih

  7. Lenny

    Dok, saya sudah sbulan lbih mengalami suara serak. Membaik sebentar kambuh lagi. Gimana ya dok solusinya. Pekerjaan saya mengajar anak tk.

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Lenny
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan penggunaan suara yang berlebihan selama bekerja, dapat menimbulkan peradangan ringan pada pita suara (Singer’s Node) ataupun Laringitis (bila disertai demam dan banyak riak/dahak)

      Sebaiknya periksa ke dokter umum atau Dokter THT bila keluhan dirasa makin berat untuk diberikan pengobatan yang sesuai
      dan anda perlu beristirahat dan mengurangi penggunaan suara yang terlalu keras
      terima kasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Arif
      dari keluahan yang anda bagikan, kemungkinan besar dokter sebelumnya mendiagnosis anda dengan Laringitis e.c. laryngopharyngeal reflux (LPR)

      LPR memang dapat menyebabkan suara serak dan gangguan pada tenggorokan
      apakah anda sering merasakan rasa terbakar di dada?
      ataupun terada panas bila berbaring setelah makan?
      atau apakah anda merokok?

      silakan kontrol lagi kepada dokter yang sebelumnya sudah melakukan endoscopy bila keluhan masih dirasakan
      Terima kasih

  8. marissa

    saya mau tanya nih dok. suami saya udah 7 bulan ini tidak bisa ngomong,, alias suaranya abis sama sekali. kira* penyebabnya apa ya dok kok sampai suami saya ini tidak bisa mengeluarkan suaranya sama sekali? mohon infonya ya dok. terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Marissa
      apakah suami anda merokok?
      dan hilangnya suara apakah didahului serak?
      apakah suami anda pernah mengalami batuk bercampur darah?

      dari keluhan yang anda bagikan, perlu diperiksa apakah suami anda memiliki gejala tumor ataupun peradangan pada laring
      jangka waktu yang lama (7 bulan) dapat mengarah ke tumor
      sebaiknya tetap diperiksakan ke Dokter Spesialis THT untuk diagnosis yang tepat
      Terima kasih

  9. ibu aulia

    assalamu alayqum,,
    dokter suami sy sebelumx batuk, tp skrng malah siarax jg ikutan hilang dan ini sdh berlangsung setahun, malah skrng tambah parah tenggorokanx sakit nga bisa menelan bahkan disertai demam, sdh sering bolak balik ke dokter THT tp malah dirujuk keahli dalam dan disuru berobat 6 bln dgn mengkomsi obat, tp sdh 4 bln mengkomsmsi blm ada jg perubahan, malah suara smakin hilang dan smakin batuk trs, dan nga bisa makan krn tenggorokan sakit, dokter tolong kase sulusi, oya sebelumx suami sy perokok namun sdh 3 thn ini sdh berhenti merokok, sebelumx trima kasih doktet

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi ibu aulia,
      ibu berkerja sebagai apa?sudah pernah diperiksa dahak? suami ibu dirumah apakah juga sudah pernah dilakukan pemeriksaan dahak? saya khawatir bila ibu dan suami saling menularkan satu sama lain sehingga tidak kunjung sembuh.
      saat ibu ke sp.THT apakah sudah dilakukan pemeriksaan memasukkan alat kedalam mulut? apa yang dikatakan oleh dokter tersebut?

      pilihan yang tepat ketika mengalami masalah di tenggorokan dan ibu berkonsultasi dengan sp.THT, sp.THT merujuk ke sp.PD mungkin krna dari bagiannya tidak didapatkan kealainan.
      apakah obat yang ibu konsumsi tersebut membuat kencing bewarna merah?

      mohon konfirmasinya

  10. esti

    Dok, saya awalnya sakit batuk kemudian karena saya harus mengajar lama kelamaan suara saya serak dan hilang. Bagaimana agar suara saya bisa kembali lagi seperti semula dalam waktu cepat semisal dalam semalam, soalnya saya harus mengajar?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi ibu,
      kemungkinan ibu mengalami infeksi dipita suara disebabkan karena penggunaan suara yang berlebihan karena harus mengajar dan infeksi batuk yang mendahului. untuk pengobatannya silahkan mengunjungi dokter terdekat karena tanpa pemeriksaan langsung, kami tidak dapat memberikan terapi.
      untuk sembuh total dalam semalam tidak mungkin terjadi bu karena obat memerlukan waktu untuk dapat menyembuhkan total tapi pada umunya akan terasa perbaikan yang cepat bila ibu mengalami penyakit ini.
      terimakasih

  11. 針を創立しスイスガス表1886年、120年以上の歴史を持つ、称賛には一番人気時計ブランドの一つスイス。ガス針表スイス先進技術設備を採用して、腕時計を各性能はカリスマ抜群で、その高

    [url=http://www.newkakaku.com/xinb1.htm]針を創立しスイスガス表1886年、120年以上の歴史を持つ、称賛には一番人気時計ブランドの一つスイス。ガス針表スイス先進技術設備を採用して、腕時計を各性能はカリスマ抜群で、その高い品質の防水機能、耐震設計と独特な夜光機能、保証ごとにすべて持って針だけガス表恒久の価値は、消費者の好感を受けて尊重。[/url]

  12. 人気の春夏シャネルベルトコピー流行ファッションや定番アイテムなどファッションアイテムが勢揃いシャネル CHANEL レディースファッション ファッション雑貨・小物 ベルト を海外通販!

    [url=http://www.gowatchs.com/brand-141.html]人気の春夏シャネルベルトコピー流行ファッションや定番アイテムなどファッションアイテムが勢揃いシャネル CHANEL レディースファッション ファッション雑貨・小物 ベルト を海外通販!美しいシャネルのサングラス、格安のシャネルのサングラスコピーこれらの魅力的な割引シャネルのサングラスだけでなく、暑い夏に目を保護することも するのに十分な美しさと優雅さを追加します。シャネル サングラス カメリア・最安価格をぶった斬り![/url]

  13. eviie fitriani

    Dok dibagian leher ku ada semcam benjolan sdh bbrp bulan berobat jalan benjolan itu pun masih tetap ada, benjolan itu pun ada dibagian belakang telinga cuma tdk terlihat
    Kalo di pegang sja terasa benjol
    Ada nya sebelah kanan, terkadang telinga kanan sy jg terasa sakit
    bagian leher kiri dan telinga kiri bersih tdk ad benjolan
    awal nya dokter mmemponis KGB tapi sdh sy rutinkan brobat ttp tdk ada prubahan dan trakhir si dokter ksh rujukan u/ ke dokter gigi
    Sampai ke dokter gigi pun sdh sy lakukan Dan sy jg mempunyai suara yg serak karna setiap hari sy hrs nyanyi ??

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      sudah mengkonsumsi obat apa saja? apakah suara anda semakin lama semakin menjadi serak?
      apakah ada penurunan berat badan?nafsu makan berkurang?
      mohon konfirmasinya
      terimakasih

  14. Pingback: Patofisiologi Terjadinya Gerd – Kumpulan Asuhan Keperawatan

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *