Lari di Luar Ruangan Atau Treadmill?

DokterSehat.Com – Pusat kebugaran atau gym kini mulai dianggap sebagai tempat yang ideal bagi banyak orang yang ingin melakukan olahraga, khususnya bagi mereka yang tinggal di area perkotaan. Di dalam pusat kebugaran sendiri kita bisa menemukan banyak sekali peralatan yang lengkap untuk kita pakai dalam mengolah tubuh. Salah satunya adalah treadmill, sebuah peralatan yang bisa kita pakai untuk berlari di dalam ruangan tanpa perlu banyak bergerak dan membutuhkan banyak tempat. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah lari di atas treadmill akan sebaik jika kita berlari di luar ruangan?

doktersehat-lari-jogging

Beberapa orang berkata jika lari di treadmill tidak akan bisa memberikan sensasi menghadapi beberapa medan yang berbeda layaknya medan yang berbukit atau medan yang becek. Hanya saja, dengan berlari di atas treadmill, kita juga akan bisa menghindari beberapa macam cuaca layaknya hujan, panas, atau berangin yang tentu bisa mempengaruhi “mood” kita saat berlari. Treadmill juga bisa disetel kecepatannya sehingga kita pun bisa meningkatkan level atau kesulitan berlari kita sesuai dengan kebutuhan. Memang, berlari di atas treadmill tidak akan memberikan kita suasana alam yang menyegarkan dan tidak membosankan. Namun, kini banyak pusat kebugaran yang mengarahkan posisi treadmill pada jendela yang membantu kita menikmati suasana di luar pusat kebugaran selama kita berlari.

Berlari dengan treadmill akan memberikan dampak positif bagi mereka yang cenderung mudah cedera mengingat adanya peredam kejut pada treadmill sehingga hantaman pada kaki pun menjadi lebih rendah. Selain itu, berlari di treadmill juga akan cenderung tidak mengeluarkan energi terlalu besar jika dibandingkan dengan berlari di luar ruangan sehingga berlari di treadmill pun cenderung akan jauh lebih aman bagi mereka yang sedang memulihkan diri dari cedera. Berlari pada treadmill biasanya juga akan cenderung lebih stagnan dan tidak memiliki gerakan yang bervariasi layaknya saat kita berlari di luar ruangan.

Baca Juga:  Akupuntur Redakan Berbagai Penyakit

Jika anda memiliki beberapa waktu untuk berlari di luar ruangan, meskipun hanya sesekali dalam seminggu atau sebulan, jangan pernah ragu untuk berlari di luar ruangan karena bisa membuat tubuh dan pikiran anda segar. Hanya saja, jika anda membutuhkan olahraga yang rutin setiap hari, maka berlari di atas treadmill bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kondisi tubuh anda tetap sehat dan bugar setiap hari.