Kontrasepsi IUD – Larangan dan Komplikasi

Berikut adalah beberapa faktor dari wanita yang tidak boleh menggunakan kontrasepsi IUD:

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

  • Wanita yang sedang hamil atau yang memiliki perdarahan yang abnormal atau kanker serviks atau kanker rahim jangan menggunakan IUD.
  • Wanita yang memiliki penyakit radang panggul, gonore, atau Chlamydia atau riwayat infeksi tersebut jangan menggunakan IUD. Wanita dengan infeksi organ reproduksi jangan menggunakan IUD sampai infeksi mereka teratasi dan dokter mereka mengatakan bahwa IUD dapat digunakan secara aman.
  • Jika seorang wanita memiliki kelainan serviks, uterus, atau indung telur yang akan membuat penyisipan berbahaya, IUD tidak tepat untuk digunakan.
  • Wanita yang alergi terhadap tembaga atau yang memiliki penyakit Wilson (penyakit langka di mana tembaga terakumulasi dalam jaringan tubuh) jangan menggunakan IUD tembaga.

Kapan saya harus menghubungi dokter jika saya mengkhawatirkan IUD saya?

  • Wanita yang menggunakan IUD harus melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahun.
  • Anda mungkin ingin memeriksa untuk memastikan bahwa IUD tetap terpasang dengan benar. Untuk memeriksa benang, duduk atau jongkok dan dengan tangan yang bersih, masukkan telunjuk atau jari tengah ke dalam vagina sampai vagina terasa. Jangan menarik benang. Hal ini dapat menyebabkan IUD keluar. Jika Anda tidak merasakan benang, jika benang terasa terlalu pendek atau panjang, atau jika Anda merasa Anda memegang IUD itu sendiri, Anda harus menghubungi dokter.
  • Wanita yang tidak menstruasi atau yang merasakan adanya pengeluaran cairan vagina yang tidak biasa atau bau harus menghubungi dokter.
  • Wanita yang memiliki sakit perut parah atau kram perut, nyeri atau perdarahan ketika seks, demam yang tidak jelas dan menggigil, atau perdarahan yang tidak dapat dijelaskan setelah fase penyesuaian pemakaian IUD harus memanggil perawatan kesehatan profesional segera.
  • Kapanpun menggunakan IUD dan Anda merasa Anda sedang hamil, hubungi perawatan kesehatan Anda profesional segera.
Baca Juga:  Penemuan Terbaru, Ada Kondom yang Justru Dibuat Agar Wanita Mudah Hamil!

Apakah komplikasi dan risiko IUD?
Komplikasi dan risiko termasuk kemungkinan tusukan dari dinding rahim selama penyisipan; ini jarang terjadi dan terjadi di 1-3 dari setiap 1.000 kasus. Jika seorang wanita menjadi hamil dengan IUD di tempat, ada kemungkinan 50% bahwa kehamilan akan berakhir dengan keguguran. Potensi risiko lain adalah bahwa IUD akan keluar dari rahim.