Laptop Menyebabkan Kesuburan?

DokterSehat.Com – Semakin berkembangnya kemajuan teknologi  itu memungkinkan anda menggunakan alat-alat teknologi untuk membantu kegiatan aktivitas keseharian anda. Laptop adalah salah satu teknologi yang marak digunakan saat ini. Laptop merupakan sejenis komputer yang memiliki ukuran lebih kecil dan sangat mudah untuk di bawa kemana-mana. Perkembangan kemajuan teknologi yang terjadi di era modern ini ternyata harus tetap anda waspadai, pasalnya radiasi yang di hasilkan oleh alat-alat teknologi memiliki pengaruh negatif untuk kesehatan anda.

12

Betulkah ika laptop dapat menyebabkan gangguan kesuburan?

Hampir semua barang elekronik dapat menghasilkan radiasi akan tetapi tingkat dan kadarnya berbeda. Laptop mampu mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik. Laptop yang telah dilengkapi dengan Wi-fi (wireless fidelity) sehingga menyambungkan anda dengan jaringan internet tidak saja memberikan pengaruh yang baik akan tetapi  ternyata mampu menimbulkan resiko bagi kesehatan anda.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa panas dari laptop dapat mempengaruhi kesuburan, baik bagi wanita dan pria. Gangguan kesuburan dari laptop dapat terjadi ketika anda meletakan laptop di paha anda. Sebaiknya anda hindari menggunakan laptop di atas paha selain mengakibatkan panas pada kulit bahkan memicu penyakit kulit yang disebabkab oleh radiasi. Ketika panas yang dihasilkan dari laptop dan memancarkan radiasi pada paha anda diduga akan mempengaruhi kesuburan. Akan tetapi yang perlu anda ketahui adalah kesuburan yang dimaksud adalah kesuburan pria dimana adanya efek radiasi yang dihasilkan dari laptop yaitu radiasi thermal, yang menimbulkan rasa panas pada kulit sehingga memicu pengaruh yang buruk apabila didekatkan dengan alat kelamin pria dan  akan mengakibatkan infertilitas (ketidaksuburan).

Meskipun untuk wanita ternyata tidak berpengaruh besar karena ovarium terletak di dalam tubuh sehingga tidak rentan terhadap sumber eksternal panas. Selain itu radiasi thermal yang dihasilkan dari laptop memiliki pengaruh bagi kesehatan anda. Anda lebih cepat cemas dan defresi, sering merasa mual, pusing, sakit kepala, gangguan pada mata bahkan dalam keadaan yang parah dapat mengakibatkan sesak nafas dan memori yang menyimpang.Bahkan dalam penelitian, ditemukannya kerusakan kromoson yang diakibatkan dari radiasi laptop akan memicu beberapa tipe kanker di dalam tubuh.

Baca Juga:  Keputihan Bisa Pengaruhi Cepat Lambatnya Kehamilan

Bagaimana cara terbaik menggunakan laptop?

  • Jangan meletakkan laptop di bagian tubuh fatal
    Meletakan laptop di atas paha akan mengganggu kesuburan anda, apalagi untuk anda yang sedang hamil jauhkan laptop bersentuhan langsung dengan perut anda sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan janin dari paparan panas dan radiasi yang ditimbulkan. Selain itu area tubuh yang lain yang dianggap fatal seperti ginjal, jantung, kepala  dan paru-paru dianggap sebagai area yang rawan terkena radiasi, usahakan untuk duduk ketika menggunakan laptop dan menyimpan laptop diatas meja sehingga memperkecil tubuh terpapar radiasi.

    Meskipun tidak sepenuhnya kesuburan dipengaruhi oleh radiasi dari laptop akan tetapi dengan menjaga gaya hidup anda terhadap perkembangan teknologi mampu membuat tabungan berharga untuk kesehatan anda di masa depan.

  • Gunakan filter laptop
    Sebaiknya anda menggunakan filter untuk laptop anda sehingga akan mengurangi bahaya radiasi, monitor dengan tingkat kecerahan yang tinggi memimbulkan pengaruh yang semakin besar terhadap kesehatan anda, diantaranya adalah kesehatan mata anda. Selain itu jaga selalu jarak mata anda dengan laptop .Sesering mungkin anda mengedipkan mata untuk dapat merangsang kelenjar air mata sehingga mata anda tetap lembab dan basah.