Lapisan Putih Di Bagian Dalam Mulut Anak

DokterSehat.com – Anak kecil biasanya memiliki beragam masalah gigi dan mulut. Dikarenakan usianya yang masih muda, biasanya anak kecil susah untuk diajak menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Gangguan yang paling umum adalah gigi yang rusak karena terlalu sering memakan coklat atau permen, ataupun sariawan yang bisa membuat anak menjadi sangat rewel.

7

Namun sebenarnya ada satu masalah gigi dan mulut yang tidak banyak disadari oleh kita namun cukup mengganggu. Penyakit itu berbentuk seperti adanya lapisan putih yang halus dan berbentuk seperti selaput pada bagian dalam mulut anak. Lapisan selaput putih ini mirip seperti susu, dengan warna keputihan di sekelilingnya. Yang menjadi masalah adalah, terkadang kita mencoba menghilangkan lapisan putih ini dengan cara menggosok atau mengeruknya, namun yang terjadi justru akan meninggalkan jaringan kemerahan pada dalam mulut.

Para orang tua biasanya memang memilih untuk melakukan cara mengeruk dan menggosok lapisan putih ini dengan cotton bud, atau bahkan dengan menyikatnya dengan sikat gigi. Namun, dengan hasil berupa jaringan kemerahan kulit pada mulut, yang terjadi justru anak akan merasakan sakit yang menyiksa pada bagian dalam mulut mereka.

Sebenarnya lapisan selaput putih ini adalah sejenis jamur candida albicans dengan jenis candidiasis yang memang tumbuh pada dalam rongga mulut. Jamur ini biasa tumbuh pada pipi bagian dalam, lidah, gusi, dan langit langit. Orang sehat pun biasanya memiliki 30 hingga 60% jamur ini pada rongga mulutnya tanpa ada keluhan. Jamur ini akan tumbuh dan berkembang pesat saat daya tahan anak menurun karena sakit atau kekurangan asupan gizi, dan kurangnya penjagaan kebersihan gigi dan mulut.

Sebaiknya, kita tidak mengeruk atau menggosok lapisan putih ini. Anak yang menderita gangguan ini sebaiknya dibawa ke dokter gigi agar diberi obat anti jamur khusus. Sebagai pencegahan, sebaiknya kesehatan gigi dan anak dijaga dan lebih berhati hati dalam menggunakan obat kumur dan dalam meminum berbagai antibiotic dalam waktu lama.