Waspada, Lap Dapur Bisa Menyebabkan Keracunan

Photo Source: Flickr/ Johnny Hughes

DokterSehat.Com– Salah satu benda yang harus kita sediakan di dapur adalah lap kain. Lap ini bisa kita gunakan sebagai pengering tangan atau bahkan pengering alat makan yang akan kita gunakan. Yang menjadi masalah adalah, menurut pakar kesehatan, keberadaan lap ini bisa menjadi penyebab dari keracunan.

Dilansir dari BBC, para peneliti dari University of Mauritus melakukan penelitian pada 100 lap kain yang telah digunakan selama 1 bulan. Hasilnya adalah, terdapat bakteri E.coli yang bisa ditemukan pada lap-lap tersebut karena dipakai untuk berbagai macam pekerjaan seperti mengeringkan tangan, membersihkan piring, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Yang menjadi masalah adalah, bakteri berbahaya ini juga ditemukan pada lap kotor atau peralatan yang sudah tersentuh daging mentah. Jika kita kerap menggunakan lap yang sudah kotor ini dan kemudian mengonsumsi makanan, maka bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh dan memicu keracunan makanan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membedakan lap-lap yang akan kita gunakan untuk mengeringkan tangan, mengeringkan peralatan makan, dan lap-lap lainnya. Selain itu, pastikan untuk menjaga peralatan tersebut tetap kering karena kondisi lap yang basah bisa menjadi lingkungan yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa dari seluruh lap kain yang dicek, 49 persen diantaranya menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Dari berbagai bakteri yang ditemukan, 36,7 persen diantaranya merupakan bakteri coliform yang meliputi e.coli. Bakteri lain yang bisa ditemukan adalah enterococcus dan staphylococcus aureus. Bakteri-bakteri ini bisa memicu keracunan dan infeksi berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak menggunakan lap kain secara sembarangan dan selalu rutin mencucinya agar tidak mudah terkena masalah kesehatan.