Langsung gosok gigi setelah makan justru merusak gigi?

DokterSehat.Com – Gosok gigi setelah makan sering kali dianjurkan oleh banyak pihak baik itu dokter atau ahli kesehatan gigi. Dan mungkin juga anda termasuk orang yang melakukan hal tersebut. Jika iya maka perhatikan hasil penelitian terbaru ini.

3

Dalam sebuah penelitian terbaru terungkap bahwa menggosok gigi setelah makan bukanlah langkah terbaik untuk dilakukan. Padahal banyak ahli kesehatan gigi yang menyarankan untuk melakukannya karena hal ini merupakan kebiasaan baik yang bisa menghilangkan gula atau sisa makanan sebelum terkena bakteri dan membentuk plak serta asam yang dapat merusak enamel gigi. Pendapat ini memang benar tapi Anda harus menyimak penelitian lain yang diungkapkan oleh dokter gigi Jeffrey M Cole yang merupakan mantan presiden Academy of General Dentistry seperti dilansir Huffington Post.

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa hal yang bisa merusak gigi tak hanya gula saja tapi juga asam. Makanan yang mengadung asam dapat mempengaruhi pH dalam mulut. Asam tersebut dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lemah dan membuatnya lebih mudah rusak serta berlubang.

pH normal pada mulut adalah tujuh, dan Makanan asam bisa menurunkan pH tersebut. Saat itu terjadi, sebaiknya Anda menunggu hingga pH dalam mulut normal kembali. Karena jika langsung menggosok gigi ketika pH mulut belum normal atau masih asm maka justru akan menambah kemungkinan untuk merusak gigi.

Hal ini diperjelas melalui sebuah analisis, bayangkanlah  ketika Anda menyiram permukaan gigi dengan zat asam, lalu menggosoknya. Ketika enamel gigi rapuh karena zat asam dari makanan dan Anda langsung menggosoknya bisa mengakibatkan enamel gigi semakin mudah rusak.

Makanya dianjurkan ketika Anda makan makanan atau minuman yang mengandung asam sebaiknya jangan langsung gosok gigi. Tunggu beberapa saat kira-kira setengah jam sampai pH dalam mulut netral. Air liur dalam mulut dapat bekerja menetralisir asam.

Baca Juga:  Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!

Untuk menetralkan pH dalam mulut bisa juga dengan berkumur dengan air atau mouthwash. Selain bisa menyeimbangkan pH juga bisa mencegah plak.