Langsing Tanpa Diet Ketat

DokterSehat.Com – Punya tubuh langsing ideal memang dambaan setiap orang. Selain lebih sehat dan lebih bersahabat dengan penampilan, berat badan ideal juga bisa membuat diri kita lebih lincah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mendapatkan berat badan ideal pun ternyata tak sesulit yang dibayangkan, meski tidak juga semudah membalik telapak tangan. Cukup dengan mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari seperti yang disebutkan berikut :

8

  • Perbanyak aktivitas fisik
    Membakar kalori tidak harus dilakukan di pusat kebugaran atau dalam waktu-waktu khusus yang Anda sediakan untuk berolahraga. Anda bisa memanfaatkan kegiatan sehari-hari untuk membantu tubuh mendapatkan berat ideal. Caranya adalah dengan mengambil kesempatan sebanyak mungkin untuk melakukan aktivitas fisik, mulai dari berjalan kaki menuju tempat parkir, memilih tangga dibandingkan elevator, membersihkan rumah tanpa bantuan “si mbak”, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan, dan sebagainya. Kuncinya adalah, semakin banyak Anda menggerakkan badan, maka akan semakin banyak pula kalori yang bisa dibakar oleh tubuh. Tips: sesekali, berikan waktu libur untuk asisten rumah tangga Anda dan kerjakanlah sendiri semua tugasnya di rumah. Dijamin, aktivitas seperti mencuci mobil, mengepel lantai, dan menyetrika pakaian akan membuat tubuh Anda berkeringat dan bugar seperti ketika baru saja keluar dari kelas pilates.
  • Kunyah lebih lama
    Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mereka yang mengunyah makanan sebanyak 40 kali bisa mengurangi porsi makan hingga 12% lebih sedikit dibandingkan orang lain yang hanya mengunyah makanan 15 kali sebelum menelannya. Menurut Catherine Collins, pakar diet dari St. George Hospital, London, mengunyah makanan lebih lama akan membuat seseorang betul-betul menyadari rasa, aroma, serta tekstur makanan yang disantap, sehingga dia juga menyadari seberapa besar porsi yang dimakannya. Mengunyah lebih lama juga akan memicu produksi hormon yang dapat mengirimkan sinyal kepada otak bahwa tubuh kita sudah kenyang. Tips: biasakan mengunyah makanan antara 30-40 kali sebelum ditelan. Meski pada awalnya Anda harus rajin menghitung, tapi lama-kelamaan hal ini akan menjadi bagian dari kebiasaan makan sehari-hari.
  • Makan dalam porsi kecil
    Ingin punya berat badan ideal? Mulai sekarang, pangkaslah porsi makanan Anda menjadi setengahnya. Jangan lupa, lakukan secara bertahap sehingga tubuh Anda tidak kaget karenanya. Bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, kebiasaan menyantap makanan dalam porsi kecil juga baik untuk para penyandang diabetes, karena tidak mengakibatkan kadar gula darah meningkat secara drastis. Tips : alih-alih menggunakan piring makan besar, mulai sekarang gunakanlah piring berdiameter lebih kecil dan sendok yang lebih sempit ketika mengambil makanan. Penelitian yang dilakukan di Cornell University, Amerika, menunjukkan bahwa ukuran peralatan makan yang digunakan bisa mempengaruhi porsi makanan yang Anda santap.
  • Jangan makan di depan televisi
    Banyak orang tidak menyadari bahwa menyantap camilan di depan televisi adalah kebisaan yang amat potensial untuk mengakibatkan kegemukan. Pasalnya, makan sembari melakukan sesuatu yang lain (menonton televisi) bisa membuat Anda kehilangan kontrol atas jumlah kalori yang dikonsumsi. Sekantong keripik kentang dan sekaleng biskuit bisa habis disikat sambil menonton film kartun yang hanya berdurasi 30 menit. Karenanya, simpanlah camilan di dalam lemari makan dan jadikan sofa di depan televisi sebagai area bebas makanan sehingga Anda tidak lagi tergoda untuk ngemil sambil nonton. Tips : sebagai pengganti camilan, ambillah sepatu olahraga untuk menemani Anda menonton televisi. Jika lupa diri di kala ngemil bisa membuat Anda gemuk, maka lupa diri kala berolahraga di depan televisi bisa membuat Anda langsing!