Langkah Pertolongan Pertama Mimisan Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Saat tiba-tiba ada darah yang mengalir keluar dari dalam hidung alias mimisan, wajar jika ibu hamil kemudian menjadi bingung.



Mimisan pada Ibu hamil bukanlah gangguan kesehatan yang dapat membahayakan janin. Namun, kondisi akan berbeda jika mimisan terjadi dalam intensitas sering dan dalam volume darah banyak. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi Anda dan janin ke dokter. Dikhawatirkan, dengan terjadinya mimisan yang berlebihan ini menjadi gejala akan gangguan kehamilan yang abnormal.

Nah, bagi Anda yang sesekali mengalami mimisan, ada baiknya Anda mengetahui tips melakukan pertolongan pertama untuk menangani mimisan. Hal ini sebagai langkah efektif pertolongan pertama pada mimisan sebelum memeriksakan ke dokter :

  • Ambil posisi duduk, kepala tegak atau kepala menunduk dengan mengatur posisi kepala lebih tinggi daripada jantung. Hindari posisi berbaring atau memiringkan kepala atau kepala mendongak agar aliran darah tidak ke tenggorokan sehingga dapat tertelan. Jika darah sampai tertelan maka akan menyebabkan rasa mual dan muntah.
  • Tekan lembut lubang hidung yang mengeluarkan darah selama lima hingga sepuluh menit.
  • Cubit lembut seluruh bagian bawah hidung dengan Ibu jari dan sisi jari telunjuk yang ditekuk.
  • Kompres bagian hidung dan pipi menggunakan air dingin untuk menyempitkan pembuluh darah agar menghentikan pendarahan.
  • Jika Anda merasa bahwa hidung Anda tersumbat karena ada kotoran seperti ingus, Anda dapat membuang ingus secara berhati-hati dan lembut. Jangan membuang ingus dengan gerakan yang keras karena dapat memicu mimisan kembali.
  • Atur udara sekitar agar tetap lembab, tidak kering, tidak dingin. Anda dapat mengubah temperatur AC agar udara lebih lembab. Hal ini disebabkan karena kelembaban yang tinggi dapat mengurangi risiko mimisan.
  • Perbanyak minum air putih dan minuman sehat lainnya. Penuhi kebutuhan vitamin C dari makanan dan suplemen yang Anda konsumsi. Asupan cairan dan vitamin C yang cukup di dalam tubuh Ibu hamil dapat menurunkan risiko terjadinya mimisan.
Baca Juga:  Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kelenjar Tiroid

Mimisan menjadi salah satu keluhan yang dialami oleh Ibu hamil. Keluhan ini bukanlah masalah kesehatan yang serius, namun perlu diperhatikan dan segera ditangani karena dapat mengganggu kenyamanan Ibu hamil. Selain mengeluarkan darah melalui hidung atau mimisan, Ibu hamil juga rentan mengalami gusi berdarah. Untuk itu, tetap jagalah kesehatan Anda ya, Mam, agar terhindar dari keluhan kehamilan, seperti mimisan dan gusi berdarah.