Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

DokterSehat.Com – World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.



Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata.

Langkah menjaga kesehatan mata :

1. makan wortel
Sejak dulu wortel dipercaya memiliki banyak manfaat bagi mata. Hal ini pun telah terbukti secara ilmiah. Pada masa perang DUnia II, seorang pilot bernama John Cunningham diketahui sering mengonsumsi wortel untuk membuat penglihatannya tajam di malam hari. Wortel mengandung beta-karoten, nutrisi yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Beta-karoten berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda.

2. Vitamin A, C, E, dan zat seng
Jika tidak bisa membayangkan mengonsumsi terlalu banyak wortel, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin. Meski vitamin tak memiliki khasiat sebaik sayuran alami yang mengandung vitamin An, namun vitamin A, C, E, dan zat seng bisa membantu Anda menjaga kesehatan mata.

3. Melatih mata
Melatih otot mata akan membantu meningkatkan pergerakan mata dan meningkatkan sirkulasi darah pada mata. Meski melatih otot mata tak akan membuat minus Anda berkurang atau menambah kemampuan mata secara instan, namun latihan ini bisa membantu mengurangi kelelahan pada mata dan membantu mata bekerja dengan baik.

4. Menggunakan kacamata hitam
Sinar UV dan matahari bisa berbahaya untuk mata. Sinar matahari diketahui mampu meningkatkan risiko katarak dan degenerasi otot mata. Cara termudah untuk mencegah hal ini adalah dengan menggunakan kacamata hitam ketika Anda bepergian keluar rumah. Pilih kacamata hitam yang menghalangi 99 persen sinar UVA dan UVB. Tak hanya melindungi dari sinar matahari, kacamata hitam akan mengurangi kelelahan mata akibat cahaya yang terlalu terang.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Jet Lag

5. Gunakan penerangan yang sesuai
Tentu Anda sudah mengetahui bahwa melihat dalam ruangan dengan penerangan yang kurang bisa membuat mata cepat lelah dan rusak. Untuk itu, jika ketika membaca Anda merasa kesulitan karena ruangan yang kurang terang, sebaiknya tingkatkan penerangan dalam ruangan tersebut. Ini akan membuat mata lebih santai dan tak terlalu bekerja keras.

Meski begitu, pencahayaan yang terlalu terang juga bisa merusak mata. melihat cahaya yang terlalu terang bisa merusak jaringan mata dan mempercepat penurunan kemampuan penglihatan. Untuk itu, sesuaikan pencahayaan dengan mata Anda, jangan terlalu gelap atau terlalu terang.

6. Atur pencahayan monitor computer
Melihat komputer terlalu lama setiap hari bisa membuat mata cepat lelah yang pada akhirnya menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan. Namun tentu karena banyak faktor, kebanyakan orang tak bisa menghindarinya. Untuk itu, ada cara melindungi mata anda dari layar komputer, yaitu mengatur pencahayaannya. Layar komputer yang tak terlalu terang lebih baik untuk mata

Itulah beberapa hal mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan mata. Dengan menerapkan langkah mudah di atas, kemampuan penglihatan Anda akan tetap terjaga.