Langkah Mudah Mencengah Mendengkur

DokterSehat.Com – Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa mendengkur adalah hal yang biasa yang terjadi. Terkadang mendengkur tidak mengganggu tidur seseorang tetapi sebenarnya mendengkur adalah salah silent disease atau penyakit yang secara diam-diam menyebabkan orang terlena karena sepertinya tidak merasakan penyakitnya tetapi dapat membahayakan jiwa. Salah satu contohnya pada riset yang dilakukan di Enland, hampir 87% penderita obesitas pada saat tidur menggorok. Tanpa disadari timbunan lemak berlebih yang terjadi di sekitar tenggorokan akan menyebabkan penyempitan saluran tersebut. Apabila hal ini terjadi terus menerus akan menyebabkan seseorang menjadi kekurangan oksigen (asfiksia) yang mampu menyebabkan kematian mendadak. Contoh lainnya adalah anak kecil yang sering menggorok pada tidurnya merupakan salah satu kriteria perbesaran amandel pada anak sehingga harus dilakukan pengangkatan amandel.

doktersehat-tidur-mendengkur

Tanpa disadari juga, mengorok akan menyebabkan kualitas tidur seseorang akan terganggu yang mengakibatkan badan kurang fit dan pegal-pegal saat terbangun. Hal ini terjadi gangguan pernafasan yang terjadi selama beberapa detik yang terjadi terus menenerus. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini mengganggu metabolisme tubuh selama tidur hingga saat bangun tidur nantinya.

Banyak sekali faktor yang dapat mencetuskan keadaan mengorok seperti obesitas, minuman keras, posisi tidur yang salah, merokok dalam jangka waktu lama, kelainan posisi hidung dan tenggorokan. Beberapa tips sederhana yang perlu Anda ketahui untuk dapat mencegah terjadinya mendengkur pada saat tidur.

  1. Ubah Posisi Tidur

Menurut beberapa penelitian posisi terlentang adalah posisi yang membuat seseorang gampang mendengkur karena posisi lidah dan langit-langit menutupi dinding tenggorokan. Cobalah tidur dengan posisi menyamping

  1. Hindari Stress dan Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Stress dan waktu tidur yang singkat membuat otot-otot tegang yang menyebabkan seseorang sulit bernafas dan tidur mendengkur keras.

  1. Menurunkan Berat Badan
Baca Juga:  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita kekurangan Vitamin?

Berat badan berlebih akan menyempitkan saluran tenggorokan sehingga seseorang akan mendengkur.

  1. Hidup sehat dengan menghindari minuman beralkohol dan memperbanyak meminum air putih
  2. Cuci hidung dengan air garam

Ini merupakan salah satu cara untuk dapat membersihkan hidung dan menjaga agar saluran hidung tetap terbuka sehingga melancarkan peredaran udara.

Apabila cara tersebut tidak mengurangi gejala Anda tetap mengorok, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter terutama spesialis THT agar mendapat penanganan lebih lanjut.