Langkah Mudah Atasi Jari-Jari Tangan yang Kram dan Kesemutan

DokterSehat.Com – Kesemutan pada pergelangan tangan, ibu jari, jari terunjuk, dan jari tengah. Apabila kondisi tersebut terus didiamkan, otot pada telapak tangan sisi ibu jari akan mengecil. Panas jatau nyeri (terutama ketika malam), sering disertai kesemutan. Keluhan nyeri itu terjadi pada lengan bawah dan siku, terkadang juga di daerah bahu. Rasa nyeri itu biasanya sedikit berkurang, apa bila di penderita memijat atau mengistirahatkan tangan dengan meletakkannya pada posisi yang lenih tinggi.



Kesemutan pada jari-jari tangan sering dialami oleh siapa saja saat ini, tidak memandang jenis kelamin dan pekerjaan, mulai dari, wartawan, mekanik sampai ibu-ibu rumah tangga. Carpal tunnel syndrome (CTS) dalam bahasa Indonesia sebut sindrom terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus didaerah pergelangan tangan.

Jika Anda mengalami kram atau kesemutan jari-jari tangan, atasi dengan enam langkah ini :

  1. Biarkan tangan Anda beristirahat selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku, memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.
  1. Lakukan peregangan di jari-jari tangan Anda, tingkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menekankan telapak tangan Anda ke lantai, lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat satu per satu jari di tangan yang satunya. Tahan selama lima detik untuk setiap jari.
  1. Minum banyak air putih. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan Anda akan mudah terasa kram dan kesemutan.
  1. Bunyikan ruas-ruas jari Anda. Meskipun kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan, tetapi ada fakta yang menunjukkan bahwa mobilitas sendi Anda bisa meningkat setelah Anda membunyikan ruas-ruas jari Anda.
  1. Gunakan atau oleskan obat pereda nyeri atau rasa sakit jika rasa kram dan kesemutan di jari-jari Anda tidak juga reda.
  1. Kalau rasa kram dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk menghubungi dokter.
Baca Juga:  Semua info tentang HPV

Untuk mencegah terjadinya kram atau kesemutan di jari-jari tangan Anda, usahakan untuk melakukan peregangan otot-otot jari Anda sebelum mulai beraktivitas. Dan, beri waktu untuk jari-jari tangan Anda beristirahat selama beberapa menit sekali ketika bekerja.