Langkah Mengatasi Iritasi Akibat Pembalut Wanita

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mengalami iritasi yang disebabkan oleh pembalut saat sedang haid? Anda tidak mengalaminya sendirian. Keluhan iritasi pada daerah kewanitaan akibat pembalut ternyata banyak dialami oleh wanita lain juga. Dari cerita yang Vemale dengar, pembalut dapat menyebabkan iritasi ringan pada organ intim. Mengapa demikian?

18

Yang pertama, apabila bahan pembalut kurang berkualitas, pembalut akan menyebabkan gesekan pada bagian intim wanita. Nah, pada saat ini, apabila kulit wanita tersebut sangat sensitif, maka kulit mudah iritasi.

Yang kedua, kulit sensitif juga seringkali tidak tahan terhadap aroma parfum dari pembalut. Kemerahan atau gatal, umumnya dialami jika ternyata kulit bereaksi terhadap parfum pembalut.

Yang ketiga, apabila pembalut lama tidak diganti dan dibiarkan maka bakteri akan mudah berkembang di area intim. Akibatnya vagina akan terasa gatal dan seringkali timbul ruam.

Buat kamu yang bermasalah dengan iritasi bisa menyimak tips-tips berikut ini agar bebas dari gatal dan masalah lainnya :

• Pembalut berkualitas
Berkualitas tak harus mahal Ladies. Namun, kamu juga nggak boleh asal pilih pembalut lho. Jangan mudah terpancing dengan harga yang murah atau promosi. Pembalut ini adalah yang penting dan akan sangat dekat sekali dengan area kewanitaan.

Pilihlah pembalut dengan bahan yang berkualitas dan juga nyaman untuk kulitmu. Usahakan pembalut yang kamu gunakan juga memiliki daya tampung yang besar dan tak mudah bergeser sehingga nggak bakal tembus.

• Ganti pembalut teratur
Yang ini juga tips yang super penting Ladies. Kebersihan adalah hal yang terpenting. Ini karena pembalut yang lama tidak diganti dan dibiarkan maka bakteri akan mudah berkembang di area intim. Akibatnya vagina akan terasa gatal dan seringkali timbul ruam.

Baca Juga:  Gejala, Penyebab dan Pengobatan Tuberkulosis (TBC)

Jangan membiasakan memakai pembalut yang sama lebih dari 4 jam. Apabila kamu sedang mengalami haid yang cukup banyak, ganti pembalut setidaknya setiap 2 jam sekali. Namun apabila jumlah yang keluar tidak terlalu banyak, setidaknya pembalut harus diganti setiap 4-5 jam. Ingat Ladies, kebersihan adalah kunci penting agar iritasi tidak muncul.

• Pilih pembalut tanpa parfum
Permasalahan ini sering dialami oleh wanita yang memiliki kulit sensitif. Jika kamu punya kulit sensitif ada baiknya untuk menghindari pembalut yang berparfum Ladies.

Kulit yang sensitif tidak tahan terhadap aroma parfum dan kulit vagina akan mudah terkena iritasi. Untuk itu pilih saja pembalut yang non-perfume untuk lebih amannya.

• Basuh miss V dengan air rebusan sirih
Mengalami iritasi pada Miss V? Lakukan tips mudah ini saja Ladies. Kamu bisa merebus 3-5 lembar daun sirih. Dinginkan, kemudian setelah dingin digunakan sebagai air untuk membasuh daerah kewanitaan. Ini akan meredakan iritasi dan menyembuhkannya dengan lebih alami.

Sebisa mungkin juga hindari penggunaan sabun atau bedak tabur. Ini akan memperparah kondisi iritasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

Well, gimana Ladies, tertarik mencoba? Silahkan tinggalkan pendapat anda dibawah ini!

BACA JUGA : Cara Mengobati Tuba Falopi Yang Tersumbat